Cardano Berminat Kerja Sama dengan Kraken untuk Pengembangan <i>Blockchain</i> Layer 2
Cardano tertarik bermitra dengan Kraken untuk kembangkan jaringan layer 2. (Foto; Dok. Bitcoin Recovery)

Bagikan:

JAKARTA - Kraken, salah satu bursa kripto terbesar di AS, sedang mencari mitra teknologi blockchain untuk meningkatkan kemampuan teknologinya. Salah satu kandidat yang berpotensi adalah Cardano, platform blockchain yang didirikan oleh Charles Hoskinson. Hal ini terungkap setelah Hoskinson menyatakan minatnya dalam sebuah posting X baru-baru ini.

Hal ini seiring dengan rencana Kraken untuk meluncurkan jaringan blockchain Layer 2-nya sendiri, yang merupakan jaringan yang berjalan di atas jaringan blockchain utama (Layer 1) untuk meningkatkan kecepatan, skalabilitas, dan efisiensi transaksi.

Hal ini menjadi tren umum di antara perusahaan-perusahaan kripto besar, karena mereka ingin memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan mereka. Salah satu perusahaan perdagangan kripto yang terlebih dulu meluncurkan jaringan lapis 2 ini adalah Coinbase.

Selain itu, hal ini juga dapat membuka peluang pendapatan baru bagi perusahaan kripto. Namun, untuk melakukannya, Kraken membutuhkan bantuan dari pengembang blockchain yang berpengalaman dan terpercaya. Salah satu yang merespon rencana ini adalah Cardano.

Cardano Tertarik

Pendiri Cardano, Charles Hoskinson menyatakan minatnya dalam sebuah postingan media sosial X, "Saya ikut bermain jika Anda juga ikut."

Cardano  merupakan platform blockchain yang menawarkan fitur-fitur canggih seperti smart contract, identitas digital, dan tata kelola terdesentralisasi. Cardano juga merupakan salah satu proyek kripto terbesar di dunia, dengan kapitalisasi pasar lebih dari 50 miliar dolar AS.

Jika Cardano berhasil menjadi mitra Kraken, ini akan menjadi kerja sama yang menguntungkan bagi kedua belah pihak. Kraken akan mendapatkan akses ke teknologi blockchain Cardano yang terbukti andal, sementara Cardano akan mendapatkan akses ke pelanggan dan jaringan Kraken yang luas. Kerja sama ini juga akan meningkatkan adopsi dan pengakuan Cardano di pasar kripto.

Meski begitu, keputusan akhir tentang siapa yang menjadi mitranya untuk proyek ini berada di tangan Kraken. Pasalnya Kraken memiliki sejumlah tawaran untuk dipilih selain dari Cardano. Di sisi lain, Cardano juga masih memiliki pesaing dalam pengembangan jaringan layer 2 seperti Polygon, Matter Labs, dan banyak lebih banyak lagi.