Altcoin Meroket: Ethereum, XRP, dan Cardano Melonjak, Chainlink Tak Mau Ketinggalan
Harga kripto ETH dan XRP naik dalam beberapa hari terakhir. (Foto; Dok. Coinfomania)

Bagikan:

JAKARTA - Pasar aset kripto selain Bitcoin atau biasa disebut altcoin (alternative coin) terus menunjukkan performa yang mengesankan dengan penguatan lebih lanjut, menambahkan 2% pada kapitalisasi pasar mata uang kripto pada  Minggu kemarin.

Altcoin unggulan terutama telah memimpin tren positif ini sejak rilis data pekerjaan AS dua hari yang lalu. Seluruh kapitalisasi pasar altcoin mencapai titik penting dengan penembusan struktur pasar sepanjang tahun dan menghadapi resistensi mingguan utama.

ETH, XRP, dan ADA Meroket

Ethereum (ETH), mata uang kripto terbesar kedua di dunia, terus menunjukkan kekuatan dengan kenaikan 3% selama dua hari berturut-turut, mendekati angka Rp29,7 juta. Pada saat berita ini ditulis, ETH diperdagangkan pada harga kapitalisasi pasar Ethereum sebesar  227 miliar dolar AS atau sekitar Rp3,5 kuadriliun.

Meskipun Ethereum mungkin ketinggalan dalam reli Bitcoin tahun ini, dompet-dompet besar telah terus mengakumulasi ETH selama enam bulan terakhir. Di sisi lain, pasokan Ethereum di bursa terus menyusut, yang mengurangi tekanan jual.

XRP, mata uang kripto asli Ripple, juga telah mencuri perhatian dengan mencatatkan kenaikan lebih dari 15% dalam satu minggu. Harga XRP naik 4,54% selama 24 jam terakhir dan saat ini diperdagangkan pada  0,64 dolar AS atau Rp10.000-an) dengan kapitalisasi pasar mencapai  34,4 miliar dolar AS  atau setara Rp538,8 triliun.

Data dari Santiment menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam jumlah transaksi besar XRP yang melebihi nilai  100.000 dolar AS  (setara Rp1,5 miliar) pada bulan November.

Hal ini mencerminkan potensi volatilitas harga XRP yang meningkat. Investor semakin percaya pada XRP karena Ripple semakin mendekati kemenangan dalam perseteruan hukumnya dengan SEC.

Dalam beberapa bulan atau bahkan minggu, Ripple berpotensi keluar sebagai pemenang, dan adopsi XRP oleh lembaga keuangan global dapat segera terjadi. Saat ini, investor XRP tampaknya bersiap-siap untuk mengincar targetnya di harga Rp15.000 per koin.

Cardano (ADA), pesaing Ethereum, juga mengalami lonjakan bullish yang signifikan, naik 5,25% dan mencapai Rp 5.500. Harga ADA terus menguat dengan partisipasi besar dari pemegang kripto besar.

LINK Naik

Chainlink (LINK) juga melanjutkan reli yang mengesankan dengan kenaikan 7% dan melampaui angka Rp 188.000 (12 dolar AS ). Harga LINK saat ini bergerak mendekati level resistensi utama, yang jika berhasil ditembus, bisa memicu reli harga yang lebih besar.

Saat ini LINK sedang dalam tren turun makro bulanan. Terakhir kali Chainlink berada pada posisi seperti ini adalah pada awal dan akhir tahun 2021, ketika LINK berhasil menembus resistensi tren turun tersebut. Jadi, masalah selanjutnya adalah kapan, bukan jika, LINK akan berhasil merebut kembali tren turun sebagai dukungan.