Transaksi Paus Dogecoin Meningkat, Harga DOGE Tembus Level Tertinggi Selama 6 Bulan Terakhir
Aset kripto Dogecoin. (Foto; Dok. Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Harga Dogecoin (DOGE), aset kripto yang terinspirasi dari meme anjing, melonjak hari ini hingga mencapai level tertinggi sejak Mei 2023. Kenaikan ini didorong oleh transaksi besar-besaran yang dilakukan oleh paus kripto, yaitu pemegang besar Dogecoin yang memindahkan aset mereka di antara dompet kripto.

WhaleAlert, platform pemantau transaksi kripto besar, melaporkan bahwa ada 693.123.289 DOGE yang dipindahkan dari dompet anonim ke dompet anonim lainnya sekitar 1 hari yang lalu. Nilai transaksi ini mencapai $50.271.845 (Rp778,6 miliar) pada saat itu.

Data on-chain dari IntoTheBlock menunjukkan bahwa volume transaksi besar Dogecoin meningkat selama 7 hari terakhir, mencapai 1,87 miliar dolar AS (Rp29 triliun). Ini menunjukkan bahwa ada aktivitas pasar yang tinggi untuk mata uang kripto yang berasal dari lelucon ini.

Dogecoin berhasil mencapai level 0,082 dolar AS  (Rp1.270) sebagai level tertinggi 6 bulan. Namun, koin ini mengalami sedikit koreksi dan diperdagangkan pada 0,079596 dolar AS  (Rp1.233) pada saat artikel ini ditulis. Menurut data on-chain, 59% pemegang Dogecoin saat ini mendapat untung pada harga ini.

Dogecoin juga mendapat dukungan dari korelasi historisnya yang tinggi dengan Bitcoin (BTC), aset kripto terbesar yang juga mengalami kenaikan harga baru-baru ini. Korelasi antara Dogecoin dan Bitcoin adalah 0,95, yang berarti bahwa mereka cenderung bergerak ke arah yang sama.

Pendukung Dogecoin di platform media sosial X.com bereaksi positif terhadap kenaikan harga Dogecoin. Salah satunya adalah Coach Doge, yang mengatakan: "Ini terlihat menjanjikan!". Pedagang lain, Hermann dari Jerman, berharap Dogecoin bisa menembus 0,10 dolar AS  (Rp1.549) jika tren bullish berlanjut.

Selain pandangan optimistis trader koin meme, Dogecoin juga akan mencatatkan sejarah dengan menjadi mata uang kripto pertama yang mendarat di Bulan. Hal ini akan terjadi pada Desember 2023, ketika perusahaan teknologi Astrobotic akan membawa Dogecoin fisik ke permukaan Bulan menggunakan pendarat Peregrine.

Dogecoin fisik ini merupakan hadiah dari Astrobotic kepada komunitas Dogecoin, yang telah mendukung misi bulan mereka sejak tahun 2015. Kendati begitu, saat penulisan, harga DOGE naik 2,2 persen dalam 24 jam terakhir. Harga DOGE menyentuh Rp1.249 menurut data Coingecko.