Amazon Luncurkan AI Ready, Program Pelatihan AI Gratis untuk Dua Juta Orang
Amazon hadirkan AI Ready (foto: Amazon)

Bagikan:

JAKARTA - Di tengah gempuran teknologi Artificial Intelligence (AI), Amazon mengumumkan peluncuran AI Ready, sebuah komitmen perusahaan dalam memberikan pelatihan keterampilan AI gratis untuk 2 juta orang di seluruh dunia pada tahun 2025.  

Sebagai bagian dari tujuan ini, Amazon akan memberikan tiga inisiatif baru yaitu memberikan delapan kursus gratis baru untuk meningkatkan keterampilan AI dan AI generatif, program Beasiswa AI Generatif Amazon Web Services (AWS) baru dengan platform pembelajaran online Udacity, dan kolaborasi baru dengan Code.org untuk membantu siswa mempelajari AI generatif.

“Tujuan dari AI Ready adalah untuk membantu menyamakan kedudukan dalam pendidikan AI, didukung oleh inisiatif baru yang kami luncurkan hari ini,” kata Swami Sivasubramanian, wakil presiden Data dan AI di AWS dalam keterangan resminya di situs Amazon, dikutip Selasa, 21 November. 

Selain itu, Swami juga mengatakan bahwa mereka akan terus meningkatkan program pelatihan dan kursus AI gratis yang ada seiring waktu, untuk terus menghilangkan biaya yang menjadi penghalang dalam mengakses keterampilan penting ini.

Pelatihan Keterampilan AI san AI Generatif 

Amazon akan memberikan delapan pelatihan, di antaranya adalah:

  • Pengantar AI Generatif 
  • Rencana pembelajaran AI Generatif untuk pengambilan keputusan 
  • Pengantar Amazon CodeWhisperer
  • Foundations of Prompt Engineering
  • Pembelajaran Mesin Kode Rendah di AWS
  • Membangun Model Bahasa di AWS
  • Membangun Aplikasi AI Generatif Menggunakan Amazon Bedrock
  • dan, Amazon Transcribe

Beasiswa AI Generatif Amazon Web Services (AWS)

Sedangkan untuk program beasiswa, AWS akan memberikan beasiswa Udacity, senilai lebih dari 12 juta dolar AS (Rp185,3 miliar), kepada lebih dari 50.000 siswa sekolah menengah dan universitas dari komunitas yang kurang terlayani dan kurang terwakili secara global. 

Kolaborasi baru antara Amazon Future Engineer dan Code.org

Amazon memulai kolaborasi baru antara Amazon Future Engineer dan Code.org untuk meluncurkan Hour of Code Dance Party: AI Edition. Selama pengenalan pengkodean dan AI selama satu jam ini, siswa akan membuat set video musik virtual mereka sendiri untuk lagu-lagu hits dari artis termasuk Miley Cyrus, Harry Styles, dan banyak lagi.