Bagikan:

JAKARTA - Google Pixel Watch 2 adalah peningkatan besar dibandingkan pendahulunya  karena perangkat ini mengatasi hampir semua masalah utama dari smartwatch generasi pertama, terutama masa pakai baterai yang buruk dan pengisian daya yang lambat.

Perangkat ini juga memperkenalkan banyak fitur baru yang membuatnya lebih menarik bagi kebanyakan orang. Namun, perangkat ini masih memiliki beberapa kekurangan yang membuat beberapa orang enggan membelinya.

Untungnya, Google memperbaiki beberapa masalah yang tersisa dengan pembaruan jam tangan yang akan datang — Pixel Watch 3. 

Seri Pixel Watch 3: Spesifikasi dan Ukuran Baterai

Seperti yang sudah dirumorkan sebelumnya, perangkat ini akan hadir dalam ukuran 41mm dan 45mm, keduanya dengan varian seluler dan Wi-Fi. Saat ini,  belum dapat dikonfirmasi apa yang akan disebut Google untuk ukuran yang berbeda ini, tetapi beberapa rumor menyebutkan model yang lebih besar akan disebut Pixel Watch 3 XL.

Spesifikasi dasar jam tangan tetap sama dengan Pixel Watch 2: keduanya berbasis pada platform Qualcomm Snapdragon W5 dengan co-prosesor khusus.

Pixel Watch 3 yang lebih kecil akan memiliki baterai 310mAh yang tidak berubah, sementara model 45mm yang lebih besar akan mengandung sel 420mAh yang seharusnya bertahan lebih lama.

Bezel yang Lebih Kecil

Salah satu keluhan terbesar tentang Pixel Watch asli yang masih ada pada Pixel Watch 2 adalah bezelnya yang relatif besar. Pixel Watch 3 akhirnya menguranginya dan meningkatkan kecerahan layar.

Kedua model Pixel Watch 3 hadir dengan bezel 4.5 mm, dibandingkan dengan 5.5 mm pada pendahulunya. Meskipun ukuran ini mungkin masih terlihat agak besar — terutama dibandingkan dengan sesuatu seperti Apple Watch Series 9 — ini masih merupakan peningkatan besar dibandingkan dengan jam tangan sebelumnya.

Selain itu, kedua jam tangan baru hadir dengan layar 2.000 nit (nilai ini dinyatakan dalam perangkat lunak jam tangan; materi pemasaran akhir Google mungkin mencakup nilai yang berbeda). Pixel Watch 2 hanya mencapai hingga 1.000 nit, yang seharusnya membuat jam tangan yang akan datang jauh lebih nyaman digunakan di luar ruangan di bawah sinar matahari langsung.

Spesifikasi Layar Pixel Watch 3

Kami telah mengompilasi semua spesifikasi layar dari jam tangan baru di bawah ini:

Model Ukuran Layar Lebar Bezel Resolusi Layar Kecerahan (dinyatakan)
Pixel Watch 2 30x30 mm 5.5 mm 384x384 px 1.000 nit
Pixel Watch 3 (41 mm) 32x32 mm 4.5 mm 408x408 px 2.000 nit
Pixel Watch 3 (45 mm) 36x36 mm 4.5 mm 456x456 px 2.000 nit

UWB 

Tahun lalu, dikabarkan bahwa Pixel Watch 2 akan memiliki dukungan UWB. Ternyata ini tidak benar. Seperti yang kemudian terungkap, penghapusan fitur ini adalah perubahan menit terakhir yang terlewatkan.

Sepertinya Pixel Watch 3 akhirnya akan memiliki fitur tersebut. Tidak hanya sumber yang mengonfirmasinya, tetapi daftar FCC yang baru-baru ini terlihat juga mencantumkannya.

Namun publik hanya bisa berspekulasi tentang fitur apa yang dapat diaktifkan oleh penambahan ini; namun, sebuah sumber mengatakan  cukup bagus. Kasus penggunaan yang jelas adalah pencarian perangkat yang presisi, baik itu jam tangan atau perangkat lain yang Anda cari. Seperti yang baru-baru ini dilaporkan, Google mungkin sedang bekerja untuk menambahkan dukungan UWB ke aplikasi Find My Device.

Kasus penggunaan lain bisa jadi membuka kunci mobil Anda menggunakan Kunci Mobil Digital. Teknologi ini sudah didukung oleh BMW, Hyundai, dan Kia, dan banyak produsen lain saat ini sedang mengerjakan implementasi mereka.

Dukungan dalam jam tangan Anda akan berarti membuka kunci mobil Anda tanpa menggunakan ponsel, memungkinkan fitur UWB bahkan jika ponsel Anda tidak mendukungnya. Dukungan UWB saat ini hanya tersedia di beberapa ponsel Android, dan sebagian besar hanya pada kelas flagship.

Warna Baru

Pixel Watch 3 juga akan hadir dalam beberapa warna baru. Beberapa daftar warna yang tersedia di bawah ini:

Pixel Watch 2 Pixel Watch 3 (41 mm) Pixel Watch 3 (45 mm)
Casing perak / Tali Bay Casing perak / Rose Quartz Casing perak / Tali Bay
Casing hazel / Tali Hazel Casing hazel / Tali Hazel Casing hazel / Tali Hazel
Casing hitam / Tali Obsidian Casing hitam / Tali Obsidian Casing hitam / Tali Obsidian
Casing emas / Tali Hazel Casing emas / Tali Hazel Casing emas / Tali Hazel
- Casing perak / Tali Porcelain Casing perak / Tali Porcelain

Google biasanya merilis satu warna yang cocok dengan ponsel Pixel yang keluar pada saat yang sama. Dalam hal ini, publik bisa mengharapkan tali "Rose Quartz" untuk mencocokkan warna Pixel 9 Pro pink yang telah dilihat dalam bocoran video terbaru.

Animasi Pixel Watch 3 yang Indah

Terakhir,  animasi ritel yang akan ditampilkan pada unit demo Pixel Watch 3. Ini tidak mengungkapkan fitur atau informasi lain tentang jam tangan (ini hanya untuk menarik pelanggan; bahkan disebut "attract loop"). Namun, ini masih merupakan animasi yang indah dalam gaya Material, dan kami tahu beberapa dari Anda menyukainya.

Ini menyimpulkan tampilan awal bahwa pada peningkatan di Pixel Watch 3. Apa pendapat Anda tentang perubahan baru ini?