Bagikan:

JAKARTA - Disney, perusahaan terkemuka di bidang hiburan, bekerja sama dengan Dapper Labs, perusahaan pengembang game berbasis blockchain, untuk menciptakan platform NFT yang bernama Disney Pinnacle.

Platform ini akan menawarkan barang koleksi digital berupa pin yang menampilkan karakter-karakter Disney, Pixar, Star Wars, dan Marvel. Platform ini akan menggunakan blockchain Flow, yang dikembangkan oleh Dapper Labs, untuk mencetak dan memperdagangkan pin NFT tersebut.

"Disney Pinnacle adalah produk baru yang dirancang dari awal untuk menggabungkan semua yang telah kami pelajari selama beberapa tahun terakhir. Para penggemar di mana pun akan dapat mengumpulkan pin dinamis di ponsel mereka dan melakukan jual-beli secara instan dan aman satu sama lain, di mana pun mereka berada," ujar Roham Gharegozlou, salah satu pendiri dan CEO Dapper Labs, dalam sebuah pernyataan.

Platform ini diharapkan akan diluncurkan akhir tahun 2023. Pengguna iOS akan menjadi yang pertama mendapatkan akses ke Disney Pinnacle di Apple App Store. Saat ini, masih ada daftar tunggu yang masih terbuka untuk semua orang yang ingin bergabung dengan platform ini.

Disney Pinnacle akan menyajikan pin NFT yang beragam, mulai dari karakter-karakter klasik Disney, seperti Buzz Lightyear dan Woody dari "Toy Story", Disney Princesses, dan Darth Vader dari "Star Wars", hingga karakter-karakter Marvel, yang akan hadir di platform ini nanti.

Pengguna akan dapat mengoleksi pin NFT sesuai dengan karakter favorit mereka, serta berinteraksi dengan penggemar lain, dan berbagi serta memperdagangkan koleksi pin dengan pengguna lain. Gharegozlou juga mengatakan bahwa Disney Pinnacle akan memiliki interface atau antarmuka  yang sederhana dan ramah pengguna.

Bukan Proyek NFT Pertama

Disney Pinnacle bukanlah proyek NFT pertama yang digarap oleh Disney. Sebelumnya, Disney juga meluncurkan koleksi mainan NFT Star Wars edisi terbatas bersama dengan platform NFT Cryptoys. Koleksi mainan NFT tersebut juga menggunakan blockchain Flow, yang merupakan ciptaan Dapper Labs.

Blockchain Flow sendiri diklaim memiliki keunggulan dalam hal efisiensi, skalabilitas, dan keamanan. Blockchain ini juga digunakan oleh platform koleksi Dapper Labs lainnya, seperti NBA Top Shot dan NFL All Day.

Sebagai informasi tambahan, Flow adalah blockchain layer 1 yang terbuka untuk semua pengembang yang ingin membuat aplikasi Web3 yang inovatif dan dapat diadopsi oleh banyak orang. Flow dibuat pada tahun 2020 oleh Dapper Labs untuk memenuhi kebutuhan pengembang game mereka sendiri. Kini, Flow menjadi salah satu blockchain pilihan untuk berbagai aplikasi terdesentralisasi (Dapp) yang bermunculan.

Sementara itu, token FLOW memiliki pasokan rendah yang digunakan oleh validator, pengembang, dan pengguna untuk berpartisipasi dalam jaringan Flow dan mendapatkan hadiah. Saat peulisan, token FLOW diperdagangkan di harga Rp10.443. FLOW mengalami kenaikan sebesar 4% dalam 24 jam terakhir Kapitalisasi pasar FLOW telah mencapai Rp15 triliun berdasarkan data terkini dari CoinMarketCap.