Bagikan:

JAKARTA – Mantan presiden AS, Donald Trump berencana meluncurkan NFT. Hal tersebut diumumkan Trump dalam postingan di akun media sosialnya, TruthSocial, kamis 15 Desember. Seni digital NFT tersebut dibuat di jaringan Polygon. Koleksi NFT Trump berjumlah 4.500 item yang akan dirilis.

Koleksi NFT Trump dapat dilihat di laman web collecttrumpcards.com. Menurut keterangan dari web tersebut, alasan digunakannya Polygon adalah karena jaringan layer-2 Ethereum itu “ramah lingkungan dan netral karbon yang membuatnya lebih baik untuk lingkungan.”

"Pengumuman besar," tulis Trump. "Koleksi Kartu Perdagangan Digital Donald Trump Digital resmi saya ada di sini! Kartu-kartu edisi terbatas ini menampilkan ART yang luar biasa dari kehidupan [dan] karier saya. Kumpulkan semua Kartu Perdagangan Digital Trump favorit Anda, sangat mirip dengan kartu bisbol, tetapi mudah-mudahan jauh lebih menarik," kata mantan presiden ke-45 Amerika Serikat itu dalam postingan TruthSocial.

"Dapatkan kartu Anda sekarang. Masing-masing (item NFT, Red.) hanya $99. Akan menjadi hadiah Natal yang luar biasa. Jangan menunggu. Mereka akan hilang, saya yakin, dengan sangat cepat," tambah Trump.

Hadiah Makan Malam dan Main Golf Bersama Trump

Selain itu, pembeli NFT berkesempatan untuk mendapatkan hadiah berupa makan malam di Miami bersama mantan presiden AS ke-45. Tidak berhenti sampai di situ, mereka juga bakal diajak main golf bersama Trump.

Menurut situs web, dengan membeli kartu NFT Trump, pembeli secara otomatis dimasukkan ke dalam undian yang menampilkan berbagai hadiah. Misalnya, pemenang bisa "menghabiskan malam yang tak terlupakan di Miami untuk makan malam eksklusif yang diselenggarakan oleh Trump," mereka bisa "menikmati pertemuan pribadi yang tak terlupakan dengan Donald Trump di Mar-A-Lago," atau "bergabung dengan Donald di lapangan hijau untuk golf eksklusif selama 1 jam."

Namun, situs tersebut juga mengatakan tidak diperlukan pembelian untuk mengikuti kontes. Pengumuman koleksi NFT Trump membuat gusar banyak pendukung cryptocurrency, karena sejumlah besar orang berkomentar tentang usaha terbaru Trump melalui media sosial.

Untuk membeli NFT Trump, pengguna hanya perlu menggunakan alamat email untuk keterangan lebih lanjtu. Pembelian bisa dilakukan dengan kartu kredit atau mata uang kripto. Salah satu mata uang kripto yang diterima adalah Wrapped Ethereum (wETH). Ini adalah kripto yang dipatok ke harga ETH yang asli.

Setiap item NFT Trump dibanderol seharga 99 dolar AS (setara Rp1.500.000-an). Ini adalah NFT trading card edisi terbatas. Setiap pembeli berpeluang mendapatkan hadiah “Gala Dinner” atau main golf bersama Donald Trump.