Sial, Harga NFT Donald Trump Anjlok 80 Persen!
Harga koleksi NFT Donald Trump turun drastis. (Foto; Dok. Collect Trump Cards)

Bagikan:

JAKARTA – Mantan presiden AS Donald Trump telah meluncurkan koleksi NFT pada 15 Desember lalu. NFT tersebut diluncurkan sebanyak 4.500 item. Menurut laporan terbaru, harga NFT Donald Trump merosot tajam hingga 80 persen.

Nilai dasarnya turun menjadi 0,16 Ethereum (ETH) dari harga peluncuran pertamanya di level 0,84 ETH pada pekan lalu. Berdasarkan data OpenSea, 45.000 NFT saat ini telah dimiliki oleh 15.115 pemilik, yang setara dengan tingkat pemilik unik 34 persen.

Pada awal peluncurannya koleksi NFT Trump dibanderol seharga 99 dolar AS yang setara 0.083 ETH. Menurut keterangan dari pengembangnya, NFT Line yang merupakan bagian dari NFT International LLC, dengan jelas menyatakan bahwa NFT tersebut tidak “dimiliki, dikelola, maupun dikendalikan” oleh mantan Presiden Donald Trump.

Dengan penjualan NFT di harga pertama senilai 99 dolar AS, perusahaan mampu menghasilkan 4,45 juta dolar AS saat peluncuran. NFT International LLC juga mengambil potongan sebesar 10 persen pada setiap perdagangan, yang setara dengan pendapatan lebih dari 1 juta dolar AS, mengingat volume proyek saat ini adalah 7,683 ETH pada saat penulisan.

Melansir DailyCoin, beberapa hari setelah peluncurannya, NFT Line menerima kritik keras terkait pencetakan internal, kesalahan lisensi, dan dugaan plagiarisme desain, sesuai dengan kerangka waktu ketika harga dasar mulai turun. Proyek ini mencetak 1000 NFT secara internal, yang mencakup 68 NFT langka dalam koleksi, dan NFT yang mencakup 47 dari 179 1/1 dan 21 dari 70 adalah NFT bertanda tangan.

Sebelumnya, pengembang mengumumkan bahwa pembeli NFT berkesempatan untuk mendapatkan hadiah berupa makan malam di Miami bersama mantan presiden AS ke-45. Tidak berhenti sampai di situ, mereka juga bakal diajak main golf bersama Trump.

Menurut situs web resminya, dengan membeli kartu NFT Trump, pembeli secara otomatis dimasukkan ke dalam undian untuk sejumlah hadiah. Misalnya, pemenang bisa "menghabiskan malam yang tak terlupakan di Miami untuk makan malam eksklusif yang diselenggarakan oleh Trump," mereka bisa "menikmati pertemuan pribadi yang tak terlupakan dengan Donald Trump di Mar-A-Lago," atau "bergabung dengan Donald di lapangan hijau untuk golf eksklusif selama 1 jam."

Namun, situs tersebut juga mengatakan tidak diperlukan pembelian untuk mengikuti undian. Pengumuman koleksi NFT Trump membuat gusar banyak pendukung cryptocurrency, karena sejumlah besar orang berkomentar tentang usaha terbaru Trump melalui media sosial.