Minat Terhadap NFT Mulai Naik, Pertanda Pasar Mulai Pulih?
Minat terhadap NFT alami kenaikan sejak September. (Foto; Dok. BitcoinPl)

Bagikan:

JAKARTA – Seni digital Non-Fungible Token (NFT) yang terdampak penurunan pasar kripto dalam beberap bulan belakangan telah mengalami pemulihan sejak September 2022. Meski terdampak market kripto dan makroekonomi global, dalam satu bulan terakhir minat terhadap NFT kembali meningkat.

Menurut laporan DappRadar, permintaan terhadap NFT menunjukkan kenaikan. Di Q3, volume perdagangan NFT naik menjadi 2,71 miliar dolar AS dan turun 67 persen dari kuartal sebelumnya. Tetapi ada peningkatan 8,3 persen dalam jumlah penjualan dari Q2.

Volume perdagangan NFT melonjak 10.4 persen pada bulan September dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Selain itu, jumlah penjualan meningkat sebesar 21 persen, yang menunjukkan fakta bahwa bisnis NFT terus diminati. Di sisi lain, penurunan volume perdagangan secara keseluruhan, mungkin dikontribusikan oleh penurunan nilai pasar mata uang kripto.

Laporan tersebut juga mengungkapkan bahwa volume perdagangan NFT di Ethereum telah anjlok sebesar 76 persen dari Q2, tetapi jumlah perdagangan NFT meningkat 11 persen. Volume perdagangan NFT Solana telah menyaksikan tren kenaikan sebesar 96 persen dari bulan sebelumnya tetapi masih turun 63 persen dari Q2.

Koleksi NFT y00ts dan Range Picu Kenaikan Minat Konsumen

Melansir CryptoPotato, salah satu faktor yang mendorong pertumbuhan minat terhadap NFT adalah peluncuran koleksi y00ts, yang membuat peminat NFT jaringan Ethereum memindahkan dana mereka ke NFT di jaringan Solana.

Itu berhasil melampaui grafik volume raksasa NFT OpenSea bahkan setelah satu bulan peluncuran dan meraup 435.000 SOL atau hampir 15 juta dolar AS dalam penjualan sekunder. Berbarengan dengan NFT y00ts, Renga kebetulan menjadi koleksi lain yang telah mencuri perhatian pasar NFT.

Penurunan market kripto telah memperparah penurunan pasar NFT, namun sejumlah NFT unggulan seperti Bored Ape Yacht Club, Mutant Ape Yacht Club, dan CryptoPunks masih kuat mempertahankan dominasinya dalam industri NFT.

Di sisi lain, gim berbasis blockchain atau GameFi, sebuah gim berjenis Play-to-Earn (P2E) tidak begitu terdampak dalam penurunan market kripto. DappRadar menyatakan bahwa tren gameFi justru mengalami peningkatan dompet digitalnya sebesar 8 persen menjadi 912 ribu dibandingkan bulan Agustus.

“Ini adalah indikasi optimistsi untuk game blockchain karena banyak yang berhipotesis bahwa jika game dapps tidak lagi menguntungkan secara finansial bagi pengguna biasa, mereka akan kehilangan sebagian besar basis pemain mereka. Itu terbukti salah,” tulis keterangan DappRadar.