Harga NFT, Ini Cara Paling Mudah Menilainya
NFT, sulit untuk menebak nilainya. (foto: dok. istockphoto)

Bagikan:

JAKARTA - Tidak ada satu pun buku aturan dan acuan tentang cara menilai harga NFT. Metrik yang digunakan untuk mengevaluasi perusahaan swasta atau sarana investasi konvensional seperti saham sama sekali tidak berlaku untuk NFT.

Biasanya, pembayaran yang dilakukan oleh pembeli terakhir justru bisa memberikan indikasi nilai. Namun, untuk NFT, sulit untuk menebak apa yang mungkin akan dibayar pembeli berikutnya, tergantung pada perkiraan mereka sendiri.

Sebagian besar pembeli aset digital ini tidak memiliki keterampilan untuk memastikan nilai NFT secara logis dan mendasarkan penawaran mereka hanya pada tebakan. Untuk penjual juga demikian, sulit untuk menentukan apa yang mungkin mereka terima untuk token yang mereka pegang.

Seiring perjalanan waktu, nilai NFT didorong oleh persepsi di mana pembeli dan penjual mungkin tidak memiliki kendali apa pun atas nilanya.

Sebuah NFT karya seni mungkin sangat diminati untuk waktu tertentu, dengan kemungkinan pembeli menganggapnya langka dan mengharapkan untuk memperoleh nilai dalam waktu dekat. Kemudian, tiba-tiba, mereka mungkin menemukan bahwa gambar digital tersedia di Internet secara gratis dan mungkin tidak ada pembeli yang tersisa untuk NFT tersebut. Untuk memperjelas cara kita menilai NFT, berikut penjelasan dari Cointelegraph.

Faktor-faktor yang Menentukan Nilai NFT

NFT karya seni dari artis terkenal atau token yang terkait dengan aset nyata bereputasi mungkin memiliki nilai yang bisa ditentukan. Namun, dalam kebanyakan kasus, investor dan pedagang merasa sulit untuk menentukan nilai NFT tersebut.

Keanehan

Permintaan NFT berbanding lurus dengan kelangkaannya, tetapi bagaimana Anda bisa tahu seberapa langka NFT itu? Karya seni unik dari ilustrator terkenal mungkin menjadi contoh bagus dari NFT yang langka seperti halnya token yang dicetak oleh selebritas kelas atas.

Beberapa item game langka juga dapat berhasil memasuki kategori ini. Faktor kelangkaan membawa banyak nilai intrinsik pada NFT ini.

Bukti kepemilikan yang tidak dapat diubah juga memberi pemegang NFT rasa perbedaan dan selanjutnya, nilai. Everyday's The First 5000 Days oleh Beeple dan NFT twit pertama Jack Dorsey adalah contoh utama NFT dengan elemen kelangkaan.

Kegunaan

Untuk mengetahui bagaimana mengevaluasi proyek NFT, utilitas muncul sebagai parameter kunci. Untuk membawa nilai, NFT perlu memiliki utilitas dalam aplikasi nyata. Misalnya, NFT dapat digunakan untuk menandai real estat, logam mulia, dan bahkan sekuritas atau untuk mewakili tanah virtual atau aset game dan dalam banyak cara lainnya.

Dunia NFT sendiri masih dalam tahap baru lahir dan seiring perkembangannya, kasus penggunaan inovatif baru pasti akan muncul.

Tepat setelah dicetak, NFT menarik nilai dari karakteristik bawaannya. Seiring waktu, nilai bertambah tergantung pada utilitas dan kekuatan komunitas dari proyek yang mendasarinya. NFT Decentraland, yang mengacu pada plot tanah virtual dalam proyek, adalah contoh yang sangat baik dari token tersebut.

Tangibilitas

NFT yang terkait dengan objek dunia nyata menarik elemen berwujud. Diperkuat dengan kekekalan kepemilikan di blockchain, maka hal itu menciptakan nilai langsung dalam wujudnya. NFT dapat digunakan secara efektif untuk menggarisbawahi hak kepemilikan dan menghilangkan contoh aktivitas penipuan. Penggunaan praktis NFT dalam proyek-proyek di mana mereka terlibat memiliki pengaruh pada nilainya.

NFT yang memiliki nilai nyata sangat cocok untuk perdagangan jangka pendek maupun jangka panjang. Beberapa NFT, seperti tiket, mungkin memiliki tanggal kedaluwarsa, sementara yang lain, seperti yang mewakili real estat, dapat menumbuhkan nilai lebih dari waktu ke waktu.

Interoperabilitas

Faktor kunci dalam proposisi nilai NFT adalah interoperabilitas, yaitu kemampuan untuk menggunakan token dalam aplikasi yang berbeda. Misalnya, jika senjata yang sama dapat digunakan dalam permainan yang berbeda, ada lebih banyak peluang untuk mendapatkan nilai token. Bagaimana token yang tidak dapat dipertukarkan bekerja pada blockchain yang berbeda selalu akan membuat transaksi menjadi lebih sederhana.

Sulit untuk mewujudkan interoperabilitas, karena pengembang harus membangun jaringan aplikasi yang luas di mana token dapat digunakan. Satu set kasus penggunaan yang menarik membantu dalam menanamkan interoperabilitas NFT. Strategi lain yang dapat diikuti oleh pengembang adalah mengembangkan kemitraan dengan proyek lain untuk membawa manfaat bagi orang-orang yang memiliki token mereka.

Bukti Sosial

Bukti sosial yang terkait dengan proyek di balik NFT adalah salah satu faktor penentu yang menentukan nilai NFT. Memeriksa profil mereka di platform media sosial seperti Twitter dan Instagram dapat membantu seseorang mengukur penerimaan mereka. Jika jumlahnya rendah, itu menunjukkan bahwa mereka belum mampu menciptakan landasan yang kokoh untuk diri mereka sendiri.

Saat bertemu orang atau proyek untuk pertama kalinya, ada kecenderungan alami untuk mengambil isyarat dari orang-orang di sekitar proyek. Bukti sosial menunjukkan apa yang orang, secara umum, pikirkan tentang sebuah proyek dan membantu dalam membuat keputusan.

Sejarah Kepemilikan

Identitas penerbit dan pemilik NFT sebelumnya berpengaruh pada nilainya. Token yang dibuat oleh orang-orang terkemuka atau entitas perusahaan mendapat manfaat dari nilai sejarah kepemilikan yang tinggi. Anda dapat meningkatkan proposisi nilai NFT dengan bekerja sama dengan orang atau perusahaan dengan nilai merek yang kuat untuk menerbitkan NFT.

Menjual kembali NFT yang sebelumnya dipegang oleh orang-orang berpengaruh adalah cara lain untuk mendapatkan daya tarik. Pasar dan penjual dapat membantu pembeli menemukan informasi tentang pemilik NFT sebelumnya dengan menyediakan antarmuka pelacakan sederhana. Menyoroti alamat investor yang membawa pulang sejumlah besar dari perdagangan NFT akan membantu pembeli mendapatkan wawasan yang berharga.

Premi Likuiditas

NFT dengan likuiditas tinggi membawa nilai yang lebih tinggi juga. Pasar sekunder menyediakan tempat untuk memperdagangkan NFT standar ERC atau BSC dengan cara tanpa gesekan, dengan segera memberikan akses kepada pembeli.

Pedagang lebih suka memasukkan uang mereka ke dalam kategori NFT dengan volume perdagangan tinggi karena lebih banyak likuiditas membantu mereka mengambil keuntungan dengan mudah. NFT yang sangat likuid kemungkinan akan mempertahankan nilainya bahkan jika platform terkait sudah ditutup.

Ekonomi token menekankan peningkatan keterlibatan dan selanjutnya, likuiditas akan mendorong proposisi nilai NFT ke atas. Sistem bawaan yang menurunkan nilai NFT karena tidak digunakan dalam waktu lama dan mendorong aset kompetitif dapat membantu membangun pasar yang kuat. Seiring pertumbuhan pasar NFT, sistem akan hadir untuk mendukung likuiditas aset.

Spekulasi

Ada kalanya spekulasi menjadi katalisator di balik apresiasi harga, misalnya, harga CryptoKitty #18 tergelincir dari 9 ETH menjadi 253 ETH hanya dalam tiga hari di bulan Desember 2017. Sementara satu pemikiran kritis menentang spekulasi sebagai salah satu pendorong penilaian, berspekulasi datang secara alami kepada manusia dan tidak dapat dihilangkan secara praktis.

Bahkan dalam sistem keuangan konvensional, instrumen seperti derivatif didasarkan pada spekulasi. Dalam hal ini, spekulasi menjadi komponen non-sepele dari ekosistem NFT bukanlah kejutan. Grafik kinerja harga item NFT, perubahan aset yang terletak di bawah proyek, dan bahkan peristiwa di luar kendali langsung Anda dapat memicu spekulasi dan mendorong harga NFT.

Perubahan Berkelanjutan dalam Ekosistem NFT

NFT adalah ekosistem yang baru lahir yang mengalami evolusi berkelanjutan. Berbagai faktor yang mempengaruhi nilai NFT berkembang pesat dan untuk meningkatkan akurasi, Anda perlu mempertimbangkan semuanya.

Selain itu, nilai secara luas merupakan konsep subjektif, meskipun Anda mungkin berpendapat bahwa diskusi adalah tentang nilai intrinsik. Dalam skenario ini, menyelesaikan cara Anda menentukan nilai NFT di masa mendatang menjadi lebih menantang.

NFT adalah kelas aset dengan kemungkinan tak terbatas, kita dapat dengan aman berasumsi bahwa keserbagunaannya akan terus tumbuh dan peluang yang menguntungkan akan tersedia di berbagai subkategori. Jumlah kasus penggunaan NFT telah meningkat dengan pesat. Sekarang, NFT dapat digunakan dalam aplikasi seperti distribusi tiket untuk memastikan hak suara.

Saat menjelajahi penaksir nilai NFT, Anda hanya perlu memperhatikan bahwa semua hal yang bersinar bukanlah berlian. Jadi bersabarlah dan pertimbangkan berbagai faktor saat mengambil keputusan. Pada saat semua jenis pasar NFT muncul, mulai dari platform all-inclusive seperti OpenSea hingga niche seperti Real Nifty, melakukan uji tuntas dan membuat keputusan yang tepat menjadi sangat penting.