Rivian Tarik 12.212 EV Produksinya karena Masalah Sistem Kemudi
Rivian terpaksa tarik sejumlah besar mobil produksinya. (foto: twitter @rivian)

Bagikan:

JAKARTA – Produsen mobil listrik Rivian menarik 12.212 EV produksinya karena pengikat longgar yang dapat memengaruhi kemampuan pengemudi untuk mengendalikan mobil. Penarikan tersebut mempengaruhi hampir setiap kendaraan yang telah diproduksi Rivian tahun ini.

Bahkan penarikan ini mencakup seluruh jajaran mobil mereka, yang mencakup truk pikap R1T 2022 tertentu, SUV R1S, serta van pengiriman listrik (EDV) yang dibangunnya untuk Amazon.  Rivian sendiri memproduksi total 14.317 kendaraan dalam tiga kuartal pertama tahun 2022 dan mengirimkan lebih dari 12.000.

Menurut pemberitahuan yang diajukan ke Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA), pengikat yang menghubungkan lengan kontrol atas depan dan buku jari kemudi mungkin tidak "diputar dengan cukup".

Ini berpotensi mengakibatkan pemisahan, "menyebabkan hilangnya kendali kendaraan dan meningkatkan risiko kecelakaan." Laporan keselamatan mengatakan pengemudi dengan kendaraan yang terkena dampak mungkin melihat kebisingan yang berlebihan, getaran, kekerasan dari suspensi depan, dan perubahan kinerja atau nuansa kemudi.

“Penting untuk tidak meminimalkan potensi risiko yang terlibat dan mengapa kami secara sukarela melakukan penarikan ini,” tulis CEO Rivian, RJ Scaringe, dalam email kepada pelanggan yang dilihat oleh CNBC.

“Dalam keadaan yang jarang terjadi, mur bisa kendor sepenuhnya. Saya ingin menegaskan kembali bahwa ini sangat jarang, tetapi itu memperkuat alasan mengapa kami bertindak dengan urgensi dan hati-hati seperti itu,” tambahnya.

Rivian mengeluarkan penarikan setelah menyelidiki tujuh laporan terkait dengan cacat, tidak ada yang melibatkan cedera. Pembuat EV ini mengatakan akan mengamankan pengencang buku jari kemudi dengan benar di kendaraan yang terkena penarikan tanpa biaya tambahan.

Ini adalah penarikan kedua Rivian tahun ini, sementara perusahaan sudah menarik sekitar 500 pickup listrik R1T pada bulan Mei karena sistem airbag yang rusak yang mungkin gagal dinonaktifkan saat mendeteksi seorang anak di kursi penumpang depan.

Terkait