Pahami Cara Menentukan Harga NFT,  Jenis Ini Apa yang Paling Laku?
Cara menentukan harga NFT (foto: unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Pasar Non-Fungible Token (NFT) mulai mendapatkan keterangan pada awal tahun 2021 lalu. Selanjutnya, aset digital apa pun dapat berupa NFT termasuk barang koleksi, karya seni, karakter video gim, objek dunia maya, dan olahraga digital.

Jika Anda merupakan anak baru di pasar NFT, tentunya ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum Anda menjual aset digital. Adapun hal itu mencakup tentang cara menentukan harga NFT dengan profitabilitas, apa yang membuat harga dasar NFT naik, cara mengetahui apakah NFT Anda berharga atau tidak, serta berapa banyak yang harus Anda kenakan untuk NFT.

Bagaimana Menentukan Harga NFT?

Ketika Anda memasuki di dunia Web3 dan baru memulai perjalanan NF-nya, Anda mungkin Anda akan bertanya “Bagaimana seseorang menilai karya seni saya?” atau “apa strategi terbaik untuk menjual NFT?”.

Meskipun tidak ada strategi khusus, melansir dari penjelasan di Cointelegraph, Anda dapat menentukan harga berdasarkan rata-rata harga pasaran yang sudah tercantum sesuai dengan aset digital yang ingin dijual. Atau, Anda juga dapat menjualnya sesuai dengan harga yang bersedia dibayar oleh pembeli, atau disebut harga pembeli.

Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi nilai jual NFT Anda, adapun faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut:

  • Memahami berbagai jenis biaya yang terlibat

Pahami jenis memproduksi dan menjual NFT, termasuk biaya pembuatan seperti upah seniman 3D profesional jika seseorang perlu mempelajari cara membuat token yang tidak dapat dipertukarkan sendiri. 

Perhatikan juga lain seperti biaya pencetakan yang dapat bervariasi dengan biaya gas yang berfluktuasi, biaya pasar untuk pencetakan atau daftar token, biaya penjualan yang dibebankan oleh pasar NFT, dan biaya pemasaran token.

  • Kelangkaan dan Fungsionalitas

NFT langka akan bernilai lebih besar dari yang biasa, karena pasokan dan jenis aset menentukan apakah itu langka atau tidak. Misalnya, NFT edisi terbatas mungkin dihargai lebih tinggi daripada yang memiliki banyak salinan.

Sedangkan dalam hal fungsionalitas, token utilitas lebih berharga karena pemilik dapat menggunakannya untuk membeli barang dan jasa. Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkan kebutuhan klien Anda saat menentukan harga untuk NFT utilitas ini. 

  • Bangun merek Anda dan tingkatkan visibilitas

Ekosistem NFT masih berkembang, masih akan banyak orang yang masuk ke dunia itu. Hal terpenting bagi seniman token yang tidak dapat dipertukarkan, yaitu, mereka perlu menunjukkan semangat dan kepercayaan dalam prosesnya.

Untuk membuat reputasi baik di industri NFT, seseorang perlu memasarkan nama artis atau tokoh terkenal mereka kepada massa melalui media seperti Twitter, Discord, Telegram. Selain itu, bekerja dengan platform, artis, dan bisnis lain dapat membuka peluang lebih lanjut untuk menjual karya Anda dengan harga yang tepat.

Bisakah Menjual NFT tanpa Pemasaran?

Sama seperti penjualan produk lainnya, pemasaran menjadi inti dari penjualan NFT. Jadi, jika Anda bertanya-tanya mengapa NFT Anda tidak terjual, itu bisa jadi karena kurangnya kesadaran terhadap NFT Anda. 

Seberapa Sulit Menjual NFT?

Setiap seniman memiliki preferensi pribadi mereka sendiri, apakah mereka mau terlihat publik atau mau bersifat anonim dalam penjualan NFT. Namun, yang perlu dicatat adalah, untuk meningkatkan profil proyek NFT, pembeli harus mengetahui latar belakang profesional Anda, termasuk nama, pengalaman dengan teknologi blockchain dan seni kripto atau NFT lainnya.

Meskipun tidak ada jawaban pasti mengenai NFT apa yang paling laris, NFT dengan kehadiran yang solid di berbagai media sosial dan menampilkan peta jalan yang jelas dapat terjual lebih baik daripada yang lain.