Ikut Lelang NFT, Robot Sophia Jual Lukisan Pertamanya
Robot Sophia jual lukisannya dengan aset NFT (New World AI)

Bagikan:

JAKARTA – Aset NFT semakin populer setelah kicauan pertama bos Twitter Jack Dorsey laku dengan harga fantastis. Bahkan robot Sophia turut berkecimpung menjual aset Non-Fungible Token atau NFT.

Robot buatan Hanson Robotic itu akan menjual karya lukis buatannya sendiri dengan menggunakan aset NFT. Lukisan tersebut merupakan hasil dari kolaborasinya dengan seniman digital asal Italia, Andrea Bonaceto. 

“Saya berharap orang-orang akan menyukai karya saya, dan manusia serta saya dapat berkolaborasi dengan cara baru dan menarik di masa depan,” ujar Sophia sebagaimana dilansir dari Reuters, Senin, 22 Maret.

Sophia dan Bonaceto melahirkan lukisan para tokoh kenamaan dunia. Di antaranya adalah ada ‘Technoking of Tesla’, Elon Musk.

Robot Sophia menyatukan sejumlah elemen dari karya Bonaceto, mulai dari sejarah seni dan kemampuannya melukis yang berlangsung selama beberapa kali. Pencipta robot Sophia, David Hanson mengomentari hal ini sebagai lingkaran evolusi yang berulang. Karya lukis Sophia akan dilelang pada Rabu besok.

Jika lukisan tersebut mendapat penawar yang cocok, Sophia akan mengajaknya berbincang-bincang guna mengidentifikasi wajahnya. Kemudian Sophia akan menyempurnakan karya lukisnya.  

“Ini akan menjadi karya yang unik mencakup data dari pengguna baru dan hubungan personal pada saat itu,” ujar Hanson.

Aset NFT menjadi populer sejak toko-tokoh berpengaruh menjual karya digitalnya hingga mendapat tawaran harga yang fantastis. NFT seperti sertifikar kepemilikan dalam bentuk digital. Di mana pemiliknya membubuhi tanda tangan dan disimpan dengan menggunakan blockchain.

Hal ini akan menjadikan karya tersebut orisinil dan menjadi bukti hak milik orang tersebut. Keaslian karya digital itu tidap perlu dipertanyakan lagi. Ini menjadikan aset NFT memiliki popularitas yang luar biasa.