Lukisan Salvator Mundi Karya Leonardo da Vinci Diubah Jadi NFT
Lukisan Salvator Mundi karya Leonardo da Vinci. (Foto; Dok. Artnet)

Bagikan:

JAKARTA - Kehadiran teknologi blockchain telah merevolusi sistem tradisional terutama dalam bidang keuangan dan kesenian. Blockchain turut memicu kemunculan bidang baru seperti cryptocurrency dan seni digital Non-Fungible Token (NFT). Baru-baru ini, lukisan karya Leonardo da Vinci yang legendaris, Salvator Mundi, dikabarkan mulai diubah menjadi NFT.

Sebagai informasi, Salvator Mundi adalah sebuah lukisan yang menggambarkan Yesus Kristus tengah memegang bola kristal. Karya seni ini berhasil mencatatkan prestasi bersejarah dengan terjual seharga sekitar 450.312.500 dolar AS (Rp6,8 triliun) dalam sebuah lelang di rumah lelang terkemuka, Christie's di New York pada tahun 2017 lalu.

Transformasi Salvator Mundi sendiri menandakan perpaduan inovatif antara seni tradisional dan teknologi mutakhir. Mahakarya ikonik Salvator Mundi yang diciptakan oleh Leonardo da Vinci akan mengalami perubahan signifikan dari seni lukis tradisional menjadi karya seni digital NFT. Langkah inovatif ini mencerminkan perjalanan dunia seni menuju ranah digital, membawa keindahan karya seni klasik ke era modern.

Proyek inovatif ini dipimpin oleh ElmonX, sebuah perusahaan aset digital yang berkolaborasi dengan Bridgeman Images, yang merupakan spesialis dalam melisensikan media seni, budaya, dan sejarah. Kemitraan ini bertujuan untuk meredefinisi mahakarya ikonik ini menjadi NFT eksklusif, menggabungkan esensi masa lalu dengan inovasi masa depan.

ElmonX akan memperkenalkan dua versi NFT "Salvator Mundi": Leonardo da Vinci | ElmonX Salvator Mundi Original dan Leonardo da Vinci ElmonX Salvator Mundi Artist Proof. Peluncuran karya seni digital ini dijadwalkan pada 12 Agustus.

Sebanyak 660 "ElmonX Salvator Mundi Originals" akan tersedia dengan harga £150.00. Selanjutnya, karya seni digital akan dijual melalui penjualan publik, dapat dibeli menggunakan kartu kredit maupun kripto Ether (ETH).

Koleksi kedua, "ElmonX Salvator Mundi Artist Proof," akan dijual seharga 1100 pound sterling (sekitar Rp21,2 jutaan). Pembelian dapat dilakukan dengan menggunakan kartu kredit dan Ether sebagaimana koleksi pertama. Meski begitu, hanya 13 koleksi "Artist Proof" yang akan tersedia.

ElmonX dan Bridgeman Images sebelumnya telah berhasil mengubah karya seni ikonik seperti Mona LisaStarry Night, The Thinker, dan Nymphéas menjadi edisi NFT. Inisiatif ini menjadi penghubung antara seni tradisional dan dunia digital.