Bagikan:

JAKARTA – Google mengumumkan tampilan Google Drive di tablet dan perangkat lipat Android akan berubah. User Interface (UI) situs web akan diterapkan di dua perangkat ini.

Sebelumnya, perangkat seperti ponsel dan tablet memiliki hierarki folder di bagian pojok kiri bawah layar. Namun pada tampilan terbaru, hierarki folder ini sudah dipindahkan ke bagian atas layar.

Penempatan hierarki folder ini persis seperti situs web. Tapi susunan menu yang berada di bawah hierarki folder ini berbeda karena versi tablet dan perangkat lipat tetap menggunakan menu seperti Home, Starred, Shared, dan Files.

Seluruh menu ini tersusun menurun di bawah hierarki folder, sangat berbeda dengan tampilan di perangkat biasa. Umumnya, seluruh menu ini tersusun secara horizontal di bagian bawah layar.

Selain perbedaan hierarki folder dan menu pengikutnya, dua perangkat ini juga mengadopsi kolom data dari situs web dengan deretan dokumen, tanggal dokumen terakhir diubah, dan besaran penyimpanan yang dihabiskan setiap dokumen.

Terakhir, Google menambahkan pembaruan pada palet warnanya. Menurut Google, palet warna yang mereka gunakan sudah sesuai dengan pedoman Google Material Design 3. Perubahan ini membuat kisi dari folder dan file ditempatkan di kartu, sementara nama file muncul di bagian atas.

Seluruh perubahan ini akan diluncurkan pada 27 November mendatang. Pengguna Google Workspace dan akun Google pribadi akan mendapatkan pembaruan ini. Pastikan untuk memperbarui perangkat Anda agar tampilannya menjadi lebih baik.