Bagikan:

JAKARTA - Google secara diam-diam membawa aplikasi Switch to Android yang telah lama ditunggu-tunggu pengguna iOS. Aplikasi ini memungkinkan pengguna iPhone beralih ke ponsel yang menjalankan OS Android milik Google.

Sesuai dengan harapan, aplikasi ini bisa membuat transisi antar platform seluler lebih mudah dikelola dengan membantu pengguna mengimpor kontak, kalender, foto, dan video ke ponsel Android baru mereka.

Selain itu, Switch to Android juga menginstruksikan pengguna cara mematikan iMessage untuk mendapatkan pesan teks di perangkat baru mereka dan menghubungkan mereka dengan iCloud untuk memigrasikan perpustakaan foto dan video mereka ke Android.

Namun sayang, aplikasi Switch to Android belum tersedia di App Store secara resmi. Aplikasi ini baru tersedia di situs web toko aplikasi pratinjau milik Apple.

Begitupun situs web Switch to Android milik Google yang belum diperbarui, hanya menunjukkan bahwa aplikasi baru tersedia dan perusahaan belum secara resmi mengumumkan peluncurannya.

Melansir TechCrunch, Kamis, 14 April, saat ini, situs web Switch to Android memandu pengguna melalui proses standar untuk pindah ke Android yang melibatkan pengguna mencadangkan kontak, kalender, foto, dan video mereka melalui aplikasi Google Drive iOS sebelum mengganti perangkat.

Sebelumnya, rencana raksasa teknologi asal Mountain View, California, AS untuk mengembangkan aplikasi mandiri pengalih iPhone-ke-Android pertama kali terungkap tahun lalu, ketika 9to5Google menggali kode di dalam Alat Pemulihan Data resmi Android dan melihat referensi ke aplikasi Switch to Android yang dikembangkan Google untuk iOS.

Sayangnya, aplikasi Switch to Android iOS tidak membantu memigrasikan aplikasi pengguna. Hal ini kemungkinan karena keterbatasan aplikasi pihak ketiga yang dapat mengakses perangkat pengguna.

Untuk menjajal aplikasi tersebut, klik URL di sini.