Google Izinkan Aplikasi Pembayaran Pihak Ketiga di Beberapa Negara, Termasuk Indonesia
Google izinkan pembyaran dari pihak ketiga di Play Store. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Google diam-diam memperluas uji coba "Penagihan Pilihan Pengguna" untuk memungkinkan lebih banyak pengembang aplikasi Android non-game menawarkan opsi pembayaran pihak ketiga sebagai alternatif dari Google Play.

Dilaporkan oleh 9to5Google, pengembang akan melihat biaya layanan mereka sebesar 15 hingga 30 persen dikurangi sebesar 4 persen saat pengguna memilih opsi penagihan pihak ketiga yang baru, yang harus didukung oleh pengembang, bukan Google, jika ada masalah pelanggan.

Sekarang, mulai 1 September, pengembang terdaftar dari Wilayah Ekonomi Eropa (EEA), India, Jepang, Indonesia, dan Australia dapat berpartisipasi dalam Penagihan Pilihan Pengguna. Google berpendapat bahwa 99 persen pengembang yang menggunakan penagihan Play Store perusahaan sendiri memenuhi syarat untuk tarif biaya layanan 15 persen. Namun Spotify yang menghasilkan pendapatan di dunia yang membayar Google 30 persen yang diperebutkan pada setiap pembelian dalam aplikasi.

Pilot Penagihan Pilihan Pengguna awalnya diluncurkan pada bulan Maret dengan Spotify ditunjuk sebagai mitra pertamanya, setelah Google dipaksa untuk menawarkan pembayaran dalam aplikasi alternatif di Korea Selatan.

Langkah itu dilakukan sebagai tanggapan langsung terhadap kritik keras yang diterima Google dan Apple secara global atas biaya yang mereka ambil dari pembelian yang dilakukan di toko digital mereka yang mengunci pengembang dari sistem pembayaran dalam aplikasi pihak ketiga.

Tidak ada kabar kapan program ini akan diperluas ke pengembang game atau ke pengembang yang berbasis di AS. Google hanya mengatakan kepada The Verge bahwa, "kami berharap detail percontohan terus berkembang saat kami mempelajari lebih lanjut dan menerima umpan balik tambahan."