Bagikan:

JAKARTA - Google telah mengumumkan penyempurnaan tampilan layar besar Google Drive, dengan menghadirkan pengalaman UI situs web ke tablet atau perangkat lipat android lainnya. 

Itu artinya, pengguna perangkat dengan layar lebih lebar seperti ponsel lipat dan tablet akan melihat halaman Google Drive mereka mirip dengan apa yang mereka lihat di web PC, bukan smartphone seperti biasa. 

“Berdasarkan penyempurnaan pada pengalaman Google Workspace di perangkat Android layar besar, kami dengan senang hati mengumumkan penyempurnaan tambahan yang menjadikan pengalaman tablet kami lebih selaras dengan pengalaman web kami,” tulis Google dalam pengumuman pembaruannya dikutip Senin, 20 November. 

Apa Saja Perubahannya? 

Jadi, Anda akan segera melihat hierarki folder yang dapat disentuh untuk tampilan mereka saat ini, di atas daftar dokumen utama. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melacak lokasi mereka di Drive dan dengan mudah keluar dari folder bertingkat. 

Kemudian, kolom data per file untuk menampilkan kapan file terakhir dan berapa banyak penyimpanan yang digunakan oleh setiap file juga akan diubah mirip dengan yang ada di tampilan web. 

Biasanya di UI smartphone, Anda akan melihat tampilan “kapan file terakhir diperbarui” di bagian bawah judul file nya. Namun dengan pembaruan ini, Anda akan melihatnya sejajar ke samping dengan nama file. 

Selanjutnya, ketika Anda membuka menu File, di smartphone biasanya Anda hanya akan melihat dua opsi, yaitu My Drive dan Computers. Tapi pembaruan ini menambahkan satu opsi lagi yakni Shared Drives di antara dua opsi awal. Sehingga Anda akan melihat tiga opsi dalam pembaruan ini. 

Terakhir, Google juga menyebutkan bahwa palet warna yang sesuai dengan pedoman Google Material Design 3. Hal ini berlaku pada tampilan kisi dengan setiap folder dan file kini ditempatkan di kartu, sedangkan nama file muncul di bagian atas, bukan di bawah pratinjau.

Perubahan itu dijadwalkan untuk diluncurkan mulai tanggal 27 November 2023, untuk semua pelanggan Google Workspace dan pengguna dengan Akun Google pribadi secara bertahap.