Bagikan:

 

JAKARTA – Nothing Chats, aplikasi yang dikembangkan Nothing dan Sunbird untuk mendukung obrolan pengguna Android dengan pengguna iMessage, harus ditarik dari Google Play Store.

Pihak Nothing mengatakan bahwa mereka akan menunda peluncuran dengan pemberitahuan lebih lanjut. Mereka juga akan memperbaiki beberapa masalah bug di aplikasi tersebut, tetapi beberapa pihak menemukan masalah lain dari aplikasi ini.

Dukungan iMessage di Android sebenarnya sudah lama dijanjikan oleh Sunbird. Perusahaan itu menjanjikan kehadirannya sejak setahun lalu, tetapi pembangunan aplikasinya seperti tidak jelas karena tidak ada informasi apa pun.

Namun, ketika aplikasi ini mulai diluncurkan secara bertahap pada 17 November di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan Uni Eropa, masalah privasi justru ditemukan.

Pengembang Android Dylan Roussel, dalam laporan 9to5google, menemukan bahwa Sunbird melakukan deskripsi dan transmisi pesan di Nothing Chtas menggunakan HTTP ke server sinkronisasi cloud Firebase.

Roussel mengatakan bahwa Sunbird menyimpan seluruh pesan pengguna dalam teks biasa di cloud tersebut dan tidak terenkripsi. Tak hanya itu, perusahaan juga memiliki akses ke pesan menggunakan Sentry, sebuah layanan debugging.

Sunbird sempat membela diri melalui akun X mereka bahwa akses ke Sentry merupakan bagian dari errortetapi Roussel bisa membuktikan bahwa Sunbird berpura-pura mendapatkan bug di log pesan mereka.

Jika perusahaan bisa mengakses Sentry, maka perusahaan itu telah menipu para penggunanya. Sunbird dan Nothing terus menyuarakan bahwa aplikasi mereka begitu aman dan menggunakan enkripsi end-to-end, tetapi seluruh penemuan sangat bertentangan.

Belum diketahui sampai kapan Nothing Chats akan ditahan peluncurannya. Sejauh ini, Nothing hanya mengatakan bahwa mereka akan bekerja lebih lanjut dengan Sunbird untuk membenahi masalah bug hingga aplikasi mereka bisa digunakan oleh seluruh pengguna Nothing Phone (2).