Sunbird Matikan Platform iMessage di Android Karena Masalah Keamanan
Sunbird matikan aplikasi pendukung iMessage di Android (foto: dok. Sunbird)

Bagikan:

 

JAKARTA – Sunbird, aplikasi iMessage untuk perangkat Android, mengumumkan bahwa mereka akan menutup aplikasi untuk sementara waktu karena masalah privasi dan keamanan pengguna.

Hal ini tampaknya tidak begitu mengejutkan karena Sunbird menjadi mitra dari Nothing Chats, aplikasi iMessage khusus untuk Nothing Phone (2). Platform Nothing Chats pun memiliki masalah serupa hingga peluncurannya terpaksa ditarik.

Beberapa waktu lalu, terungkap bahwa Nothing Chats tidak menggunakan enkripsi pesan dan file end-to-end chat. Padahal, kedua perusahaan sempat menyuarakan bahwa aplikasi Nothing Chats aman dengan sistem enkripsi terkunci.

Ternyata, Sunbird melakukan hal yang sama. Dari laporan 9to5google, aplikasi yang diluncurkan pada akhir tahun 2022 ini membuat data para pengguna bisa diakses dengan mudah karena data tersimpan di server luar.

Terkait dengan masalah ini, Sunbird mengaku bahwa mereka akan menyelidiki masalah privasi di platform mereka. Maka dari itu, mereka akan menghentikan penggunaan aplikasi dan mematikan media Sunbird untuk sementara waktu.

“Pengguna Sunbird yang terhormat. Kami telah memutuskan untuk menghentikan sementara penggunaan Sunbird sementara kami menyelidiki masalah keamanan. Kami akan memberi tahu Anda saat kami siap untuk melanjutkan,” tulis Sunbird.

Pengumuman ini hanya disampaikan kepada para pengguna Sunbird, sementara situsnya masih membuat klaim tentang enkripsi end-to-end. Aplikasi Sunbird juga sudah tidak bisa diakses dan tidak bisa diunduh melalui Google Play Store.