Komisaris FCC Ingin Selidiki Apple atas Pemblokiran Akses Beeper Mini
 Komisaris FCC Brendan Carr (foto: twitter @BrendanCarrFCC)

Bagikan:

JAKARTA – Beeper Mini seharusnya bisa menghubungkan Android ke iMessage. Namun, karena aksesnya dihalangi oleh Apple, aplikasi tersebut harus berusaha keras hingga akhirnya gagal berfungsi.

Dengan berakhirnya upaya Beeper Mini untuk menerobos pertahanan iMessage, Komisaris Komisi Komunikasi Federal (FCC) Brendan Carr meminta lembaganya untuk menyelidiki tindakan Apple terkait pemblokiran akses Beeper Mini.

Menurut Carr, tindakan Apple telah melanggar salah satu peraturan FCC. Namun, untuk membuktikan apakah Apple telah melanggar peraturan atau tidak, Komisaris itu mengatakan bahwa FCC harus mengambil tindakan.

“Saya memanggil FCC untuk menyelidiki apakah Apple melanggar peraturan Bagian 14 kami dengan memblokir Beeper Mini - aplikasi yang memungkinkan interoperabilitas antara pesan iOS dan Android,” kata Carr melalui platform X pada Kamis, 13 Februari.

Peraturan FCC Bagian 14, mengutip dari The Verge, menetapkan bahwa layanan komunikasi tingkat lanjut tidak boleh memasang fitur, fungsi, atau kemampuan jaringan apa pun yang dimaksudkan untuk menghambat aksesibilitas atau kegunaan.

Sejalan dengan peraturan tersebut, Carr menekankan bahwa Apple telah mengubah fungsi iMessage untuk menonaktifkan fungsi Beeper Mini. Ada kemungkinan bahwa Apple ingin menghambat persaingan dengan alasan menjaga keamanan.

“FCC harus meluncurkan penyelidikan untuk melihat apakah keputusan Apple untuk menurun kan fungsionalitas Beeper Mini, yang disediakan mendorong aksesibilitas dan kegunaan, merupakan langkah yang melanggar aturan FCC,” jelas Carr.

Pada akhir Januari lalu, Beeper mengumumkan bahwa mereka telah berhenti mencari cara untuk menerobos pertahanan iMessage. Pasalnya, selama beberapa bulan, Apple masih kukuh dengan pendiriannya untuk menghalangi akses Beeper Mini.

Saat Apple pertama kali memblokir Beeper Mini, perusahaan tersebut mengatakan bahwa mereka hanya ingin melindungi keamanan dan privasi para pengguna iMessage. Mereka juga ingin melindungi para pengguna dari masalah spam atau phising.

Alasan memproteksi iMessage untuk menjaga privasi dan keamanan ini dianggap aneh. Menurut Beeper, Apple hanya ingin melakukan hal yang sebaliknya, yaitu menghalangi pengguna iPhone menggunakan Rich Communication System (RCS) yang aman.