Lenovo Kembangkan OS Berbasis AI untuk Perangkat PC
Ilustrasi OS AI di PC Lenovo (foto: dok. Lenovo)

Bagikan:

JAKARTA – Lenovo, perusahaan teknologi multinasional asal China, dikabarkan sedang mengembangkan sistem operasi (OS) berbasis Kecerdasan Buatan (AI) untuk perangkat komputer pribadi atau PC.

Mengutip dari Techradar, kabar ini pertama kali muncul setelah Wakil Presiden Eksekutif Lenovo Liu Jun memberikan tanda bahwa mereka sedang mengembangkan OS berbasis AI. Pembuatan OS ini akan rampung di tahun ini.

Liu Jun tidak menjelaskan lebih detail mengenai OS yang sedang mereka kembangkan. Namun, Presiden Lenovo China itu mengatakan bahwa OS yang belum memiliki nama itu akan dibangun berdasarkan produk multi-terminal.

Nantinya, perangkat yang ditenagai OS AI buatan Lenovo akan memiliki kemampuan interaksi bahasa alami multi-modal. Dengan adanya kemampuan tersebut, perangkat laptop bisa lebih memahami berbagai kebutuhan penggunanya.

Lenovo juga membuat terminal pintar berbasis AI. Terminal ini dibuat untuk menghadirkan berbagai kemampuan AI, tetapi tetap menekankan privasi dan keamanan. Pasalnya, kebutuhan AI tetap harus diiringi dengan keamanan yang maksimal.

Perusahaan teknologi itu belum mengumumkan tanggal peluncuran untuk OS PC yang mereka kembangkan. Belum diketahui juga apakah OS ini akan ditambahkan ke perangkat terbaru atau bisa dirasakan oleh para pengguna Lenovo.

Untuk saat ini, Lenovo fokus dalam mendorong pembangunan ekosistem AI di PC. Jika Lenovo berhasil mengembangkan OS berbasis AI ini, OS mereka mungkin bisa menyaingi OS yang dikembangkan oleh Microsoft, yaitu Windows.

Ket. foto: