Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Amerika Serikat mengeluarkan peringatan kepada warganya mengenai lonjakan kasus 'sextortion' yang sedang melanda negara - dan serangan ini telah menyebabkan setidaknya 20 kasus bunuh diri dalam beberapa tahun terakhir.

'Sextortion' terjadi ketika pelaku meyakinkan korban untuk mengirimkan gambar atau video yang bersifat seksual dan kemudian mengancam - dan pelaku mengancam akan mempublikasikan materi tersebut jika tidak menerima konten atau uang lebih lanjut.

Namun, serangan-serangan ini kini dipadukan dengan kecerdasan buatan (AI), memberikan alat kepada pelaku untuk menciptakan persona yang menarik dan menghasilkan percakapan yang meyakinkan.

Serangan-serangan ini telah meningkat 1.000 persen dalam 18 bulan terakhir, menurut Institut Riset Penyebaran Jaringan, didorong oleh geng-geng Afrika Barat yang menargetkan kaum muda di Instagram, Snapchat, dan Wizz.

DailyMail.com berbicara dengan seorang mantan polisi yang membagikan tanda-tanda peringatan tentang serangan ini, seperti beberapa detail dalam profil media sosial dan jenis bahasa yang digunakan.

“Saya telah melihat dan menyelidiki banyak kasus sextortion. Seringkali para korban hancur karena apa yang terjadi dan sangat malu. Kadang-kadang video seksual yang dibagikan korban dengan pelaku akan diberikan sedikit demi sedikit kepada majikan, rekan kerja, teman, dan keluarga korban untuk menambah tekanan pada korban agar membayar tebusan mereka,” kata Adam Pilton, yang sebelumnya memimpin tim kejahatan cyber.

Biro Investigasi Federal (FBI) mengeluarkan peringatan baru-baru ini setelah mengungkap peningkatan serangan sejak Oktober 2022.

“Sextortion bisa dimulai di situs mana pun, aplikasi, platform pesan, atau permainan di mana orang bertemu dan berkomunikasi. Dalam beberapa kasus, kontak pertama dari pelaku akan berupa ancaman,” ungkap agensi tersebut.

“Orang tersebut mungkin mengklaim sudah memiliki gambar atau video yang mengungkapkan dari seorang anak yang akan dibagikan jika korban tidak mengirimkan lebih banyak gambar. Lebih sering, bagaimanapun, kejahatan ini dimulai ketika kaum muda percaya bahwa mereka sedang berkomunikasi dengan seseorang sebaya yang tertarik untuk menjalin hubungan atau dengan seseorang yang menawarkan sesuatu yang berharga,” ungkap FBI.

Adam Pilton, Konsultan Keamanan Siber di CyberSmart, juga membagikan tanda-tanda peringatan dan cara untuk mengidentifikasi pelaku sextortion yang menggunakan kecerdasan buatan.

Serangan-serangan ini seringkali melibatkan penggunaan kecerdasan buatan untuk menghasilkan gambar profil dan menggunakan perangkat lunak chatbot untuk menciptakan percakapan yang meyakinkan.

Pilton memperingatkan bahwa tanda-tanda peringatan penting adalah ketidaksesuaian dalam detail foto - jika penyerang menggunakan kecerdasan buatan untuk menghasilkan gambar, penampilan orang tersebut dapat berubah atau pengaturannya dapat bervariasi antara gambar.

Pengguna juga harus waspada terhadap tanggapan yang sangat cepat dan tanggapan yang tidak tampak memperhatikan apa yang telah Anda katakan. Pengguna juga harus berhati-hati jika melihat penggunaan bahasa yang tidak konsisten (misalnya, beralih antara kasih sayang dan formal).

“Jika Anda ditargetkan, langkah pertama Anda harus melaporkan pelaku ke platform yang Anda gunakan dan ke penegak hukum,” kata Pilton sambil mencatat bahwa korban harus memblokir setiap kontak lebih lanjut.

“Itu penting untuk melaporkannya. Hubungi kantor FBI setempat Anda, hubungi 1-800-CALL-FBI, atau laporkan secara online di tips.fbi.gov.,” ujarnya.

Penyalahgunaan di media sosial telah menyebabkan kematian James Woods, seorang pelari remaja berusia 17 tahun yang menjadi korban dalam skema ekstorsi seksual online pada November 2022.

Korban juga diminta untuk tidak menghapus komunikasi apa pun, meskipun memalukan. Pertukaran pesan dapat digunakan untuk melacak pelaku dan menyelamatkan orang lain dari kejahatan serupa.

Saat ini, penting untuk meningkatkan kesadaran tentang ancaman ini. Keluarga, teman, bahkan sekolah seharusnya semua membuat mereka yang paling rentan terhadap serangan ini sadar akan bahayanya.

Penting untuk diingat bahwa jika Anda atau seseorang yang Anda kenal menjadi korban sextortion, ini adalah kejahatan dan harus dilaporkan. Semakin banyak laporan yang dibuat, semakin besar kemungkinan pelaku akan ditangkap dan diadili.