Bagikan:

JAKARTA – Sejak tahun 2018, WhatsApp bisa mencadangkan riwayat percakapan ke Google Drive di Android. Sistem penyimpanan ini pun tidak akan mengurangi kuota penyimpanan di Drive.

Namun, kebijakan ini akan segera berubah. Mulai Desember tahun ini, pencadangan riwayat obrolan dari berbagai aplikasi perpesanan, termasuk WhatsApp, akan mengurangi ruang penyimpanan di cloud Drive.

Dari laporan Engadget, peraturan ini hanya berlaku bagi pengguna WhatsApp Beta. Pengguna aplikasi biasa diperkirakan tidak akan merasakan perubahan ini karena aplikasi WhatsApp belum tersedia di seluruh perangkat Android.

Setiap akun di Google Drive akan memberikan ruang penyimpanan cloud gratis sebesar 15GB. Ruang cloud ini langsung terhubung ke tiga aplikasi, yaitu Gmail, Drive, dan Foto dari Google.

Meski Google mengeklaim ruang penyimpanan mereka tiga kali lebih besar dibandingkan platform seluler lainnya seperti iCloud dari Apple, 15GB tidak akan begitu terasa bagi orang-orang yang suka mengabadikan momen dan mencadangkan data mereka.

Dengan kebijakan baru ini, pengguna WhatsApp Beta perlu memperhatikan lagi aplikasi mereka. Semakin banyak data yang disimpan oleh aplikasi, pencadangan di Drive pun akan mengambil ruang yang lebih banyak.

Agar ruang penyimpanan tidak terbuang sia-sia, pastikan untuk menghapus item yang tidak dibutuhkan dari WhatsApp. Jika aplikasi sudah ditautkan ke alat manajemen penyimpanan, item yang dihapus akan otomatis menghilang dari ruang penyimpanan.