Perusahaan Mining Bitcoin, Bitmain, Suntikan Dana Rp830 Miliar untuk Perkuat Kemitraan dengan Core Scientific
Bitmain suntikan dana untuk Core Scientific. (Foto; Dok. Coin24FR)

Bagikan:

JAKARTA - Bitmain, salah satu produsen rig penambangan kripto terkemuka, baru-baru ini mengumumkan investasi besar sebesar $53,9 juta (setara Rp830 milar) di Core Scientific, penyedia pusat data blockchain terkemuka di Amerika Utara.

Investasi ini dilakukan sebagai langkah strategis untuk memperkuat kemitraan yang sudah ada antara kedua perusahaan ini. Selain itu, kemitraan ini juga mencerminkan komitmen yang telah terjalin antara Bitmain dan Core Scientific. Keduanya sepakat untuk mengatur pembiayaan, yang mencakup kombinasi ekuitas dan uang tunai untuk memperoleh peralatan penambangan Bitcoin terbaru.

Bitmain akan menyediakan 27.000 server penambangan Bitcoin jenis S19J XP 151 TH/s kepada Core Scientific. Sebagai imbalannya, Bitmain akan menerima $23,1 juta (Rp355 miliar) dalam bentuk uang tunai dan $53,9 juta (Rp829 miliar) dalam bentuk saham Core Scientific.

Nilai saham akan ditentukan sesuai dengan rencana reorganisasi Bab 11 yang disetujui oleh pengadilan kebangkrutan, dengan harapan persetujuan akan diberikan pada kuartal keempat tahun ini. Sebagai informasi, S19J XP dikenal karena tingkat efisiensinya yang mengesankan, yaitu hanya 21,7 joule per TH/s.

Max Hua selaku CEO Bitmain, mengungkapkan penghrgaannya terhadap profesionalisme dan komitmen Core Scientific terhadap pertumbuhan jaringan Bitcoin.

"Profesionalisme, integritas, dan komitmen mereka terhadap kesuksesan pelanggan hosting mereka dan pertumbuhan Jaringan Bitcoin tidak tertandingi di industri ini," ujar Max Hua.

Sementara itu, CEO Core Scientific, Adam Sullivan, juga menyatakan kehormatan mereka dalam memperluas hubungan yang signifikan ini dengan Bitmain.

"Bersama-sama, kami telah bekerja tanpa lelah untuk memprofesionalkan industri kami, memetakan jalur untuk pertumbuhan jangka panjang Jaringan Bitcoin seiring dengan meningkatnya adopsi bitcoin di seluruh dunia," imbuh Sullivan.

Core Scientific memiliki target dalam mengintegrasikan dan mengaktifkan 27.000 unit pada akhir kuartal keempat tahun ini. Langkah ini diharapkan dapat secara signifikan meningkatkan hashrate penambangan mandiri Core Scientific, yang berpotensi menambah 4,1 exahash pada kapasitas mereka.

Informasi saja, perusahaan ini telah mengoperasikan sekitar 206.000 rig penambangan bitcoin di seluruh fasilitasnya di Amerika Serikat dan melaporkan angka produksi Bitcoin yang signifikan. Hal ini menempatkan Core Scientific sebagai pemimpin di antara raksasa perusahaan penambangan Bitcoin di Amerika Utara.