BlackRock dan Kapital Ventura Lain Bantu Perusahaan Penambangan Bitcoin Core Scientific
Core Scientific dapat bantuan dari perusahaan modal ventura. (Foto; Dok. Bitcoin World)

Bagikan:

JAKARTA - BlackRock, salah satu perusahaan investasi terkemuka di dunia, dilaporkan telah meminjamkan sekitar 38 juta dolar AS kepada perusahaan penambangan bitcoin AS, Core Scientific. Perusahaan ini mendapatkan dana dari penggalangan yang dipimpin oleh beberapa pemain keuangan terkemuka, seperti Apollo Capital, Kensico Capital, Ibex Investors, dan lainnya.

Core Scientific telah mengajukan permohonan perlindungan kebangkrutan pada akhir tahun lalu, tetapi terus menambang BTC untuk membayar kembali para pemegang hutang.

Menurut pengajuan pengadilan yang dilaporkan oleh Bloomberg, BlackRock dan beberapa investor terkenal lainnya telah meminjamkan sekitar 500 juta dolar AS (Rp7,6 triliun) kepada perusahaan penambang bitcoin, Core Scientific, dengan membeli surat utang konversi yang dijamin.

Ibex Investors adalah kontributor terbesar dalam pembiayaan tersebut, dengan meminjamkan hampir 100 juta dolar AS. BlackRock sendiri meminjamkan sebesar 38 juta dolar AS melalui pembelian surat utang, sementara Apollo Capital Management membeli surat utang senilai 22,6 juta dolar AS dan 11 juta dolar AS pada bulan April dan Agustus.

Kedua manajer aset ini memberikan total 23 juta dolar AS dalam bentuk pinjaman debitur-dalam-kepemilikan kepada Core Scientific, sehingga perusahaan tersebut dapat terus menambang bitcoin meskipun mengalami masalah keuangan.

Pasar bearish yang berkepanjangan dan anjloknya harga aset digital utama secara signifikan merugikan penambang kripto, yang mengajukan perlindungan kebangkrutan Bab 11 beberapa hari sebelum Natal. Meskipun demikian, entitas tersebut melihat harga sahamnya naik pada minggu-minggu berikutnya.

Meskipun mengalami masalah keuangan yang menyebabkan pengajuan kebangkrutan dan pemotongan karyawan, Core Scientific terus menambang bitcoin dengan hasil yang stabil. Pada bulan Desember, perusahaan ini menambang 1.435 BTC, hampir sama dengan produksi bulan sebelumnya.

Selain itu, Core Scientific juga menyediakan layanan kolokasi pusat data dan dukungan operasi untuk 91.000 server ASIC milik pelanggan, yang menghasilkan 795 BTC di bulan November dan 931 BTC di bulan Desember.

Perusahaan ini menegaskan bahwa fasilitas utamanya tetap didistribusikan di beberapa negara bagian di AS dan mereka bekerja sama dengan perusahaan utilitas untuk memastikan stabilitas jaringan listrik.