Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan penambangan kripto Core Scientific telah mendapatkan persetujuan pengadilan untuk keluar dari kepailitan dan listing kembali saham "CORZ"nya di Nasdaq — mengakhiri proses restrukturisasi selama 13 bulan.

Dalam pernyataan pada 16 Januari, Core Scientific mengatakan rencana reorganisasinya telah disetujui oleh pengadilan kepailitan untuk Distrik Selatan Texas. Perusahaan tersebut menargetkan tanggal keluar pada 23 Januari dan berharap akan terdaftar kembali di Nasdaq pada hari berikutnya.

Dalam persetujuan Bab 11, pemegang saham yang ada akan mempertahankan sekitar 60% saham perusahaan. Rencana restrukturisasi juga akan mengurangi jutaan utang dari neraca keuangannya dan memberikan "pemulihan penuh" kepada semua kelas kreditur.

Hakim Kepailitan AS Christopher Lopez dilaporkan mengatakan dalam sidang bahwa rencana ini "memberikan pemulihan yang luar biasa baik untuk kreditur tanpa jaminan maupun pemegang ekuitas."

Rencana ini juga diharapkan dapat menjaga lebih dari 240 pekerjaan di perusahaan tersebut.

"Persetujuan rencana hari ini adalah momen penting dalam reorganisasi kami; kami siap untuk keluar pada akhir bulan ini sebagai perusahaan yang bahkan lebih kuat, dengan tim yang sangat termotivasi yang selaras untuk keberhasilan," kata CEO Core Scientific, Adam Sullivan.

"Dengan permintaan untuk Bitcoin dan komputasi bernilai tinggi terus meningkat, kami berharap dapat menciptakan nilai bagi pemegang saham kami saat kami menjalankan rencana pertumbuhan kami, menyeimbangkan neraca keuangan kami, dan memberikan efisiensi superior dalam skala."

Core Scientific adalah salah satu penambang kripto terbesar di Amerika Serikat, menghasilkan lebih dari 13.700 Bitcoin yang ditambang sendiri dan 5.500 Bitcoin dari penambang yang ditempatkan bersama pada tahun 2023.

Namun, kombinasi pasar bearish yang berkepanjangan, kenaikan harga energi, kesulitan penambangan yang meningkat, dan utang buruk yang diberikan kepada perusahaan kripto Celsius membuat perusahaan ini mengajukan kepailitan pada Desember 2022. Sebelumnya, perusahaan ini diperdagangkan di Nasdaq Global Select Market dengan simbol "CORZ" namun dihapus dari daftar setelah proses kepailitan dimulai.

Core Scientific mengatakan rencana restrukturisasi ini dapat terjadi sebagian karena "kenaikan substansial" harga Bitcoin dan harga hash sejak mereka mengajukan kepailitan pada Desember 2022