Apple Gandeng Hyundai untuk Bikin Mobil Listrik di 2024
Ilustrasi mobil Hyundai (Image Credit: Jakob Owens / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa waktu lalu, Apple sempat dikabarkan ingin membuat mobil listrik buatannya sendiri. Namun karena tidak memiliki pengalaman di bidang otomotif, raksasa Cupertino itu menggandeng Hyundai untuk mewujudkan mimpi tersebut. 

Mengutip Business Insider, Senin 11 Januari, kabar tersebut datang dari media asal Korea yakni Korea IT News, mereka mengklaim bahwa Hyundai dan Apple diduga akan segera menandatangani perjanjian kemitraan pada Maret 2021.

Kemungkinan, jika perjanjian kemitraan berhasil, mereka akan benar-benar memulai produksi mobil listrik sekitar 2024 tetapi akan lebih dahulu diperkenalkan pada vesi beta di awal 2022, dan itu proses pembuatannya akan dilakukan di Amerika Serikat (AS) sebanyak 100.000 mobil.

Mobil listrik Hyundai dan Apple mungkin akan dibuat di pabrik Georgia yang membuat mobil Kia Motors, afiliasi Hyundai. Tetapi, kabarnya Hyundai dan Apple akan membangun pabrik yang memungkinkan perusahaan membuat sekitar 400.000 kendaraan setiap tahun.

Meski Apple belum memastikan kemitraan dengan Hyundai. Pabrikan mobil asal Korea Selatan itu telah mengkonfirmasi akan menggarap mobil listrik dengan Apple.

Diharapkan, mobil listrik Hyundai dan Apple ini akan menggunakan jenis baterai baru yang dirancang oleh Apple, yang secara radikal menurunkan biaya penjualan, tetapi memiliki kemampuan seberapa jauh mereka dapat mengemudi dibandingkan dengan Tesla milik Elon Musk.