Kenalan dengan DAL-e, Robot Pelayan Pelanggan Lansiran Hyundai
Hyundai DAL-e. (Sumber: Carscoops)

Bagikan:

JAKARTA - Hyundai Motor Group baru saja meluncurkan robot layanan pelanggan humanoid bernama 'DAL-e'. Ini adalah mesin yang sangat canggih yang dirancang untuk berkomunikasi dengan orang-orang, menggunakan kemampuan pengenalan dan fungsi mobilitas yang tepat.

Melansir Carscoops, nama DAL-e memiliki arti 'Mendorong Anda, Membantu Anda, Tautkan dengan pengalaman Anda'. Robot ini dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan mutakhir untuk pengenalan wajah, serta sistem komunikasi berdasarkan platform pemahaman bahasa. 

Inspirasi dari pembuatan robot pelayan untuk masa dapan ini adalah, layanan pelanggan di masa pandemi COVID-19, dimana kontak fisik antar individu dikurangi untuk mencegah penularan virus.

Pertama kali dipamerkan sekaligus menunjukkan kepiawaiannya di showroom Hyundai di Seoul Selatan pada 25 Januari 2021, DAL-e memiliki dimensi berukuran 1.160 x 600 x 600 mm dengan berat 80kg.

Hyundai DAL-e
Hyundai DAL-e. (Sumber: Carscoops)

"DAL-e adalah platform layanan generasi mendatang yang dapat menawarkan layanan pelanggan otomatis kapan saja," kata Wakil Presiden dan Kepala Lab Robotika Hyundai Motor Group Don Jin Hyun.

Sukses dalam operasional pertamanya, Hyundai berharap robot ini bisa digunakan dalam berbagai bidang yang membutuhkan interaksi sehari-hari dengan pelanggan, seperti showroom yang dioperasikan di bawah Hyundai Motor Group. 

Dengan tubuh humanoid kecil yang memberikan kesan ramah, DAL-e secara signifikan lebih ringan dan lebih kompak daripada banyak layanan pelanggan dan robot pemandu lainnya di pasar. 

Berbeda dengan robot yang umumnya ada saat ini, DAL-e memiliki fitur ramah dan emosional untuk berinteraksi dengan pelanggan secara alami. Misalnya, jia pelanggan datang tanpa mengenakan masker di tengah pandemi, robot ini secara sopan akan mengingatkan untuk memakai masker. 

Hyundai DAL-e
Informasi produk di layar sentuh DAL-e. (Sumber: Carscoops)

Dalam hal kemampuan komunikasinya, DAL-e mampu melakukan percakapan dengan pelanggan dengan memberikan informasi yang berguna tentang produk dan layanan, sambil menanggapi perintah layar sentuh dan lisan.

Dalam hal mobilitas, robot ini dapat bergerak bebas dan mengantar pelanggan ke tempat yang ditentukan berkat empat roda omnidirectional-nya. Ini juga dapat menghibur pelanggan dengan berbagai cara, seperti menghubungkan secara nirkabel ke layar tampilan besar di tempat tersebut, meminta pengunjung untuk mengambil foto dengannya, dan memberikan umpan balik dengan isyarat menggunakan lengannya yang dapat digerakkan.

Ke depan, Hyundai Motor Group berencana untuk terus memperbarui DAL-e berdasarkan data dari operasional harian, untuk meningkatkan kemampuannya seiring waktu berjalan.