Bagikan:

JAKARTA - Demi kemudahan konsumen mengisi daya mobil listrik, Hyundai Motor Group telah mengembangkan automatic charging robot (ACR).

ACR adalah robot dengan satu lengan yang mampu menyambungkan kabel ke port pengisian daya dan mampu melepas sendiri usai pengisian daya selesai. 

Sebelumnya, Grup Hyundai Motor telah memperkenalkan robot tersebut pada Juli tahun lalu melalui laman resminya Hyundai Motor Group. Saat itu, Hyundai merilis video aksi robot ACR.

Hyundai kembali merilis video terbaru mengenai pengembangan ACR, di mana terlihat sebuah Hyundai Ioniq 6 terparkir di tempat pengisian daya Electric Vehicle (EV). Setelah kendaraan berhenti, ACR berkomunikasi dengan kendaraan untuk membuka port pengisian daya, serta menemukan posisi yang tepat melalui fitur kamera yang terpasang pada robot.

ACR kemudian mengambil pengisian daya dan memasangkan kabel ke port pengisian daya, sehingga dimulailah proses pengisian daya. Setelah pengisian selesai, robot melepas kabel dari port, mengembalikan kabel ke tempat semula, dan menutup tempat pengisian daya.

Dilansir dari laman resmi Hyundai, Minggu, 2 April 2023, Head of Robotics LAB Hyundai Motor Group, Dong Jin Hyun, mengungkapkan robot ACR merupakan sebuah inovasi yang membantu pengisian daya EV bahkan dapat melakukan pekerjaan yang baik di tempat gelap.

"ACR akan membantu membuat pengisian daya EV menjadi lebih mudah dan nyaman, terutama di lingkungan yang gelap. Ini juga akan meningkatkan aksesibilitas, terutama bagi orang-orang dengan hambatan mobilitas, karena kabel pengisi daya menjadi lebih tebal dan lebih berat untuk memungkinkan pengisian daya berkecepatan tinggi," ujar Dong Jin Hyun.

Robotics LAB Hyundai Motor Group juga telah mempertimbangkan beragam variabel dalam pengembangannya, seperti lokasi parkir kendaraan, bentuk port pengisian daya, cuaca, potensi hambatan, serta berat kabel pengisi daya. Mereka berharap ACR dapat memberikan keamanan dan kenyamanan sehingga semua pelanggan dapat merasakan pengalamannya saat di stasiun pengisian daya.

Hyundai juga berharap robot tersebut secara signifikan meningkatkan keamanan saat pengisian daya EV, dan jika digabungkan dengan sistem kontrol parkir otonom pada masa mendatang, ini dapat meningkatkan pemanfaatan dengan mengisi daya beberapa kendaraan yang terparkir secara berurutan.

ACR yang telah dikembangkan akan dipamerkan pada Seoul Mobility Show 2023 di Korea Selatan dari 31 Maret hingga 9 April.