Hyundai Avante Menangi <i>Car of the Year</i> di Amerika
Hyundai Avante/Hyundai Elantra. (Sumber: Hyundai Motor via koreatimes)

Bagikan:

JAKARTA - Pabrikan otomotf asal Korea Selatan, Hyundai, kembali meraih penghargaan bergengsi di Amerika Utara. Ya, Hyundai menyabet penghargaan '2021 North American Car of the Year Award' yang dimenangi oleh Hyundai Avante atau Hyundai Elantra di Amerika Serikat. 

Avante berhasil memenangkan penilaian akhir setelah mengalahkan 'saudara sepupunya' Hyundai Genesis G80 dan Nissan Sentra. Ini gelar kedua bagi Avante, setelah sebelumnya memenangi gelar serupa di tahun 2012. 

Bagi Hyundai, ini kemenangan keempat dalam kategori 'Car of the Year' yang sebelumnya juga diraih Hyundai Genesis di tahun 2009 dan Genesis G70 pada tahun 2019. 

Genesis dipisahkan dari Hyundai dan berdiri sebagai divisi mobil mewah pada tahun 2015. Total ada lima penghargaan yang pernah diterima oleh Genesis, termasuk Kona dan Kona EV yang memenangi 'SUV of the Year' di tahun 2019.

"Sungguh menyegarkan melihat pabrikan mobil berkomitmen pada segmen sedan, sehingga saat peluncuran mereka menawarkan berbagai model, seperti yang ada di keluarga Hyundai Elantra," kata juri North American Cart, Truck and Utility Vehicle of the Year (NACTOY) John Davis, melansir koreatimes, Selasa 12 Januari.

Terpisah, CEO Hyundai America Jose Munoz menuturkan, penghargaan tersebut ia dedikasikan kepada semua karyawan dan pembuat mobil di Korea maupun Amerika Serikat, yang membuat dan menjual Avante.

"Saya merasa terhormat menerima penghargaan ini atas nama seluruh perusahaan, karyawan pabrik kami di Alabama dan Ulsan yang membangun Elantra dan dealer kami," kata Munoz. 

"Elantra adalah simbol perpaduan kami antara desain dinamis, teknologi canggih, dan penghematan bahan bakar yang hebat. Pelanggan Elantra akan merasakan semua kerja keras dan dedikasi yang diberikan untuk membuat mobil terdepan di kelasnya ini," imbuhnya.

Tahun ini, ada tiga kendaraan lansiran Hyundai yang berhasil masuk final, yakni Avante dan Genesis G80 di kategori mobil dan Genesis GV80 di kategori SUV.