Pelatih Legendaris New England Patriots Tolak Presidential Medal of Freedom dari Donald Trump
Bill Belichick. (Sumber: wikimedia commons)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Kepala New England Patriots, klub National Football League (NFL), Bill Belichick mengumumkan dirinya akan menolak Presidential Medal of Freedom yang rencananya akan diberikan oleh Presiden Donald Trump, Kamis 14 Januari waktu setempat.

Alasan Belichick, ia kecewa dengan kerusuhan yang dilakukan pendukung Donald Trump di Capitol Hill pada Rabu pekan lalu. Kerusuhan itu juga menyebabkan lima orang tewas, termasuk seorang polisi DC.

"Saya ditawari kesempatan untuk menerima Presidential Medal of Freedom yang membuat saya tersanjung, karena menghormati apa yang diraih oleh penerima sebelumnya," kata Belichick dalam penyataannya seperti melansir CNN, Selasa 12 Januari.

"Selanjutnya, peristiwa tragis minggu lalu terjadi. Dan, keputusan telah dibuat uuntuk tidak melanjutkan penghargaan tersebut. Di atas segalanya, saya adalah warga negara AS yang sangat menghormati nilai-nilai, kebebasan dan demokrasi bangsa kita," tandasnya.

Belichick pun mengatakan, dirinya juga mewakili keluarga dan Tim New England Patriots. Pihak Gedung Putih mengaku sudah mengetahui penolakan ini. 

Bergabung dengan Patriots sejak tahun 2000, Belichick telah mempersembahkan enam gelar Super Bowl untuk Patriots, yakni pada tahun 2001, 2003, 2004, 2014, 2016 dan 2018. Ini menjadi rekor untuk pelatih kepala di NFL. 

Di tahun 2016, Belichick sempat mengirimkan surat dukungannya kepada Donald Trump. Ia mengaku bersahabat dengan Donald Trump, bukan bermotif politik.

Presidential Medal of Freedom
Presidential Medal of Freedom. (Sumber: wikimedia commons)

Kritik penghargaan

Pemberian Presidential Medal of Freedom oleh Donald Trump selama beberapa tahun terakhir menuai kritik. Sebab, ia memberikan penghargaan tersebut kepada sekutu-sekutunya secara finansial, politik atau sekadar teman lama. 

Dalam empat tahun terakhir, Trump sering mengajak koleganya, donor politik hingga atlet yang dekat dengannya untuk menumpang Marine One, tur ke Kamar Tidur Lincoln di Gedung Putih usai makan malam, hingga penyerahan Presidential Medal of Freedom

Sepanjang Januari 2021 ini saja, ia telah memberikan lima Presidential Medal of Freedom, sama seperti jumlah yang ia berikan sepanjang tahun 2020 lalu. Tiga di antara penerimanya adalah atlet olahraga, yakni Mildred Ella 'Babe' Didrikson Zaharias, Gary Player dan Annika Sorenstam. Sementara, dua lagi diberikan kepada kolega Trump di Partai Republik, yakni Devin Nunes dan Jim Jordan.

"Presiden ini telah mengejek Presidential Medal of Freedom. Lihat kepada siapa dia memberikannya dalam beberapa minggu terakhir. Tolong, Bill Belichick harus melakukan hal yang benar dan berkata tidak, terima kasih," kata Senator Massachusetts dari Partai Demokrat Jim McGovern.