Ini Profil William Burns, Direktur CIA Pilihan Joe Biden
Joe Biden. (Instagram/@joebiden)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden terpilih AS Joe Biden, menunjuk mantan diplomat karir berpengalaman William Burns, sebagai Direktur Central Intelligence Agency (CIA) atau Badan Intelijen Pusat. 

Bukan tanpa alasan Biden memilih Burns yang memiliki pengalaman karir sebagai diplomat selama 33 tahun, sebelum akhirnya menjadi Wakil Menteri Luar Negeri dan pensiun di tahun 2014 lalu.

Fasih berbahasa Rusia, Arab dan Prancis, Burns pernah menjadi Duta Besar Amerika Serikat untuk Rusia dan Jordania. Tak heran jika ia menjadi satu dari segelintir diplomat yang memahami seluk-beluk Rusia dan Timur Tengah.

Tak hanya itu, Burns (64) juga berada di balik layar untuk memimpin pembicaraan rahasia yang membuka jalan kesepakatan nuklir dengan Iran saat Pemerintahan Barack Obama tahun 2015 lalu. 

Biden memilih Burns untuk mengantisipasi mata-mata dalam pemerintahan, sekaligus untuk menghukum Rusia jika terbukti bertanggung jawab dalam pelanggaran dunia maya dengan memengaruhi lembaga pemerintah AS. Termasuk juga untuk memulihkan kesepakatan nuklir dengan Iran yang ditinggalkan Donald Trump.

“Bill Burns adalah seorang diplomat teladan dengan pengalaman puluhan tahun di panggung dunia, menjaga rakyat kami dan negara kami aman dan terjamin,” kata Biden dalam sebuah pernyataan, melansir Reuters, Senin 11 Januari.

"Dia meyakinkan saya bahwa intelijen harus apolitis, profesional dalam berdedikasi melayani bangsa. Rakyat Amerika akan tidur nyenyak dengan dia sebagai Direktur CIA kami berikutnya," imbuh Biden.

CIA
Foto udara kawasan markas pusat CIA di Langley, Virginia. (Sumber: commons.wikimedia)

William Joseph Burns lahir kawasan Fort Bragg, Carolina Utara pada 4 April 1956. Suami dari Lisa Carty ini memiliki dua anak. Latar belakang pendidikannya, La Salle University (BA) dan St. John's College, Oxford (M.Phil & D.Phil)

Burns mememiliki tiga penghargaan Presidential Distinguished Service Awards serta beragam penghargaan lainnya, seperti Department of Defense Award for Distinguished Public Service, U.S Intelligence Community Medallion hingga CIA Agency Seal Medal.

Dari luar negeri, Burns di antaranya mengantongi penghargaan Commandeur, Legion of Honour (Prancis), Knight Commander, Order of Merit (Jerman), Grand Cordon, Order of the Rising Sun (Jepang), Marshall Medal (Inggris), Commendatore, Order of Merit (Italia) hingga First Order, Al Kawkab Medal (Jordania). 

Sebelum resmi menjabat sebagai Kepala CIA, Burns harus mendapat persetujuan Senat AS. Joe Biden sendiri sudah meminta Kongres AS untuk menyetujui tim keamanan nasionalnya, termasuk Kepala CIA sebelum pelantikan pada 20 Januari mendatang.