Kremlin Sebut Kunjungan Direktur CIA Bernilai Positif, Bakal Bertemu Presiden Putin?
Direktur CIA William Burns. (Wikimedia Commons/East Asia and Pacific Media Hub/U.S. Department of State)

Bagikan:

JAKARTA - Direktur Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (CIA) William Burns tengah berada di Moskow, untuk melakukan kunjungan kerja selama dua hari bersama delegasi yang dipimpinnya.

Mengutip TASS 3 November, Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan pada Hari Rabu, dialog yang diadakan William Burns di Moskow dapat dilihat sebagai peristiwa positif dalam kontak kedua negara

"Tidak diragukan lagi," kata juru bicara Kepresidenan Rusia dalam menanggapi pertanyaan tentang apakah kunjungan Direktur CIA ke Moskow dapat ditafsirkan sebagai langkah untuk mengembangkan kontak antara kedua negara, menyusul pertemuan puncak Presiden Rusia dan AS di Jenewa, Swiss beberapa waktu lalu.

"Dialog pada tingkat ini dan dialog tentang isu-isu sensitif seperti itu, sangat penting untuk hubungan bilateral dan untuk pertukaran pendapat tentang masalah yang kita miliki," jelas Peskov.

Berbicara tentang masalah yang dibahas pada pertemuan Direktur CIA di Moskow, sekretaris pers Kremlin menyebutkan "hubungan bilateral, pertama-tama, dan pertukaran pendapat tentang berbagai masalah internasional."

Kendati demikian, Peskov tidak memberikan jawaban atas pertanyaan apakah Presiden Vladimir Putin akan memiliki semacam kontak dengan William Burns.

"Presiden sedang berada di luar Moskow. Dia berada di Sochi, tempat dia bekerja saat ini. Jika beberapa kontak terjadi, bukan kontak pribadi, kami akan memberi tahu Anda," tukas Peskov.

Pada 2 November, Direktur CIA Burns mengadakan pertemuan di Moskow dengan Sekretaris Dewan Keamanan Rusia Nikolai Patrushev dan Direktur Dinas Intelijen Luar Negeri Rusia Sergei Naryshkin.

Ditanya apakan Presiden Putin menerima laporan dari Patrushev, mengenai pertemuan dengan Direktur CIA, Peskov menjawabnya dengan jelas.

"Itu adalah kontak penting dengan kepala dinas khusus kami. Tentu saja, Presiden Putin menerima semua laporan yang diperlukan," tukas Peskov.

Untuk diketahui, Kedutaan Besar Amerika Serikat di Moskow sebelumnya mengatakan kepada TASS, atas instruksi dari Presiden AS Joe Biden, Direktur CIA berada di ibu kota Rusia dalam kunjungan dua hari dengan delegasi pejabat senior AS.