Presiden Erdogan: Presiden Biden Berjanji Melakukan yang Terbaik untuk Penjualan Jet Tempur F-16
Presiden Joe Biden bersama Presiden Recep Tayyip Erdogan. (Wikimedia Commons/Official White House Photo/David Lienemann)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyebut Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan melakukan yang terbaik, terkait dengan keinginan Turki untuk membeli jet tempur F-16 dari sekutunya tersebut.

Ini disampaikan oleh Presiden Erdogan di atas pesawat kepresidenan dalam perjalanan pulang usai mengikuti KTT G20 di Roma, Italia akhir pekan lalu, dan batal mengikuti KTT Perubahan Iklim COP26 di Glasgow, Skotlandia awal pekan ini.

Kedua kepala negara yang sedianya disebut bakal bertemu di Glasgow, menggelar pertemuan bilateral di sela-sela KTT G20 pada Hari Minggu, untuk membahas keadaan hubungan kedua negara.

Turki telah mengajukan permintaan untuk membeli 40 jet tempur F-16 buatan Lockheed Martin dan hampir 80 kit modernisasi untuk pesawat yang ada. Anggota parlemen AS telah berusaha untuk memblokir penjualan.

Pengajuan ini dilakukan sebagai ganti dikeluarkannya Turki dari program jet tempur siluman F-35, di mana Turki sudah menyerahkan uang 1,4 miliar dolar AS, lantaran membeli sistem pertahanan udara S-400 Triumf dari Rusia.

Presiden AS Joe Biden telah berjanji melakukan segala upaya untuk meyakinkan Senat AS untuk memperlancar penjualan jet tempur F-16 ke Turki, dengan kemungkinan kesepakatan bergerak maju diperkirakan 50/50, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah mengumumkan.

"Saya tidak melihat sikap negatif dari Amerika dalam hal ini. Sebaliknya, kami berharap untuk menyelesaikan (negosiasi tentang) masalah sensitif ini mengenai hubungan antara kedua negara dalam pertemuan antara menteri luar negeri kami, menteri pertahanan kami," jelas Presiden Erdogan melansir Sputnik News 1 November.

"Presiden Joe Biden mengatakan kepada saya, 'kami mungkin tidak mendapatkan hasil dengan sangat cepat. Anda tahu, (persetujuan) melewati dua tahap, DPR dan Senat. Seperti yang Anda tahu, situasinya 50-50, tapi saya akan melakukan yang terbaik,'" ucap Presiden Erdogan menirukan Presiden Biden.

"Saya berkata kepadanya, 'Saya percaya Anda bisa mencapai ini.' Mudah-mudahan, menteri pertahanan kita akan melanjutkan pembicaraan mereka satu sama lain," tambah Erdogan.

Presiden juga mengatakan, dia membicarakan topik F-35 dengan Presiden Biden, tetapi tidak merinci sifat percakapan itu. Turki berusaha untuk mendapatkan kembali 1,4 miliar dolar AS yang diinvestasikannya ke dalam program tersebut, sebelum dikeluarkan begitu saja karena membeli sistem pertahanan udara S-400 Rusia.

Pekan lalu, sekelompok bipartisan anggota parlemen DPR menulis surat kepada Presiden Biden, mendesaknya untuk tidak menjual jet F-16 ke Turki, menunjukkan bahwa pengumuman Ankara baru-baru ini tentang niatnya untuk membeli tambahan S-400 Rusia, AS "tidak mampu untuk berkompromi dengan negara kita. keamanan dengan mengirimkan pesawat buatan AS ke sekutu perjanjian yang terus berperilaku seperti musuh."

Surat itu juga menunjuk pada sengketa teritorial antara Turki, Yunani dan Mesir di Laut Mediterania timur, menunjukkan bahwa "selama Presiden Erdogan memajukan proyek ekspansionisnya" di daerah itu, "Turki akan terus mengancam keamanan nasional kita dan keamanan. sekutu terdekat kami di kawasan ini - Yunani, Israel, dan Siprus."

Untuk diketahui, bulan lalu, Ismail Demir, kepala Industri Pertahanan Turki yang didukung AS, mengatakan kepada media lokal bahwa Ankara mungkin membeli jet tempur Su-35 atau Su-57 Rusia jika Washington memblokir penjualan F-16 ke negara itu.

Sementara pekan lalu, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu juga memperingatkan bahwa Ankara dapat membeli pesawat Rusia jika AS gagal mengirimkan F-35 yang dijanjikan, atau mengembalikan 1,4 miliar dolar AS yang diinvestasikan Turki dalam proyek jet generasi kelima.