Tegas, Menlu Turki ke AS: Kirim Jet Tempur F-35 atau Kembalikan Uang yang Kami Bayarkan
Menlu Turki Mevlüt Çavuşoğlu. (Wikimedia Commons/Ministerie van Buitenlandse Zaken)

Bagikan:

JAKARTA - Amerika Serikat harus mengirimkan jet tempur F-35 yang telah dibayarkan Turki, atau kembalikan uang atau memberikan produk lain sebagai gantinya, tegas menteri luar negeri Turki.

Turki, produsen dan pembeli F-35, dikeluarkan dari program tahun lalu, karena pembelian sistem pertahanan udara S-400 Rusia. Dikatakan, penghapusannya tidak adil dan telah menuntut penggantian untuk investasi 1,4 miliar dolar Amerika Serikat dalam program tersebut.

"Kami telah mengklarifikasi pandangan kami tentang S-400. Kami telah dikeluarkan secara tidak adil dari program F-35 meskipun menjadi salah satu mitra di dalamnya. Pesawat-pesawat ini tidak dipasok ke Turki," kata Menteri Luar Negeri Mevlüt avuşoğlu kepada CNN Türk dalam wawancara yang disiarkan televisi, seperti mengutip Daily Sabah 28 Oktober.

"Entah Turki perlu dikirim kembali ke program F-35, atau uang yang kami bayarkan harus diberikan atau dikompensasi dengan produk lain," tegasnya.

Namun, setiap penjualan militer harus disetujui oleh Kongres AS, yang dikenal dengan sikap anti-Turki yang telah berulang kali merusak hubungan bilateral.

f-35
Ilustrasi Jet F-35A Lightning II. (Wikimedia Commons/MSgt John Nimmo Sr)

"Jika AS tidak ingin menyelesaikan masalah tentang F-35, atau jika Kongres AS memblokirnya, Turki akan mempertimbangkan opsi lain," terang avuşoğlu.

"Turki tidak pernah tanpa alternatif. Ketika ada kebutuhan, (Turki) dapat beralih ke negara lain. Kami punya alternatif," ungkapnya.

Opsi-opsi ini termasuk membeli pesawat tempur Sukhoi Su-35 atau Su-57 buatan Rusia, kata avuşoğlu, menggemakan pernyataan Ketua Industri Pertahanan (SSB) Ismail Demir, yang awal bulan ini juga mengatakan Turki dapat memperoleh jet tersebut jika AS membeku. penjualan pesawat tempur F-16.

Sebelumnya, Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan mengatakan, Washington menawarkan paket jet F-16 dan kit modernisasi kepada Ankara sebagai imbalan pembayaran.

Kebuntuan akan menjadi topik paling penting dalam pertemuan antara Erdogan dan mitranya dari Amerika Joe Biden karena mereka akan bertemu di Glasgow, Skotlandia di sela-sela konferensi iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa (COP26), yang akan dimulai pada 31 Oktober.

Diketahui, Ankara telah memesan lebih dari 100 jet F-35, yang dibuat oleh Lockheed Martin, sementara industri pertahanannya telah menjadi pemain terkemuka dalam pengembangan dan pembuatan pesawat.

f-16
Ilustrasi jet tempur F-16. (Wikimedia Commons/Staff Sgt. Cherie A. Thurlby)

"Kami memiliki pembayaran 1,4 miliar dolar Amerika Serikat untuk F-35. Kita perlu mendiskusikan bagaimana rencana pembayarannya," terang Erdogan, mencatat dia akan memiliki kesempatan untuk secara langsung mengkonfirmasi apakah Washington bersedia mengembalikan uang itu melalui pengiriman F-16.

"Jika demikian, kita akan membuat kesepakatan dalam hal itu," lanjut Presiden Erdogan.

Secara terpisah, Kementerian Pertahanan Turki dalam keterangannya pada Hari Kamis mengatakan, kedua sekutu NATO telah sepakat untuk melanjutkan pembicaraan untuk menyelesaikan masalah F-35.

Perwakilan dari kementerian pertahanan Turki dan AS mengadakan pertemuan di Ibu Kota Ankara, di mana mereka juga membahas masalah keuangan, kata pernyataan itu.

Sementara, sebuah pernyataan oleh Pentagon juga mengatakan delegasi dari kedua negara mengadakan putaran pembicaraan lain yang bertujuan untuk menyelesaikan perselisihan mengenai F-35.

Juru bicara Letnan Kolonel Anton Semelroth, mengatakan pejabat tinggi Pentagon Andrew Winternitz dan Melissa Benkert memimpin delegasi AS ke Ankara pada 27 Oktober "untuk diskusi penyelesaian sengketa guna mengatasi masalah yang tersisa, akibat penghapusan Turki dari program F-35, yang diselesaikan pada 23 September."

Mereka bergabung dengan delegasi dari Kementerian Pertahanan Turki, kata Pentagon.

"Pertemuan itu menunjukkan komitmen pemerintah AS untuk menyimpulkan dengan hormat keterlibatan Turki sebelumnya dalam program F-35," jelas Semelroth dalam sebuah pernyataan.

"Diskusinya produktif, dan para delegasi berencana untuk bertemu lagi dalam beberapa bulan mendatang di Washington, D.C.," tambahnya.

Sementara, Menteri Pertahanan Nasional Turki Hulusi Akar dan mitranya dari AS Lloyd Austin juga berbicara melalui telepon pada Hari Rabu untuk membahas kerja sama, serta masalah pertahanan dan keamanan regional, kata Kementerian Pertahanan.

s-400
Sistem pertahanan rudal S-400 Rusia. (Wikimedia Commons/Mil.ru/Ministry of Defence of the Russian Federation)

Rabu malam, penasihat utama Erdogan dan Biden juga membahas masalah pertahanan dan bagaimana menyelesaikan ketidaksepakatan, kata Gedung Putih.

Untuk diketahui, kemitraan puluhan tahun antara sekutu NATO telah mengalami gejolak yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam lima tahun terakhir karena ketidaksepakatan dalam banyak masalah, termasuk Suriah dan hubungan lebih dekat Ankara dengan Moskow.

Washington berpendapat bahwa sistem rudal udara S-400 Triumf dapat digunakan oleh Rusia untuk secara diam-diam mendapatkan rincian rahasia pada jet F-35 dan bahwa mereka tidak kompatibel dengan sistem NATO. Turki, bagaimanapun, menegaskan bahwa S-400 tidak akan diintegrasikan ke dalam sistem NATO dan tidak akan menimbulkan ancaman bagi aliansi.

Pembelian S-400 telah memicu sanksi AS. Pada Desember 2020, Washington memasukkan daftar hitam SSB, kepala Demir dan tiga karyawan lainnya.