Sempat Berlindung saat Serangan Rudal Rusia: Kepala CIA Temui Presiden Zelensky di Kyiv, Ini yang Dibahas
Direktur CIA William Burns. (Wikimedia Commons/U.S. Department of State)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy pada Hari Rabu mengatakan telah menggelar pertemuan dengan Direktur Badan Intelijen Pusat AS (CIA) William Burns sehari sebelumnya, yang berada di wilayah tersebut untuk membahas perang di Ukraina.

Burns mengunjungi Kyiv saat Rusia menyerang kota dengan misil.

Presiden Zelensky mengatakan, Kepala CIA telah menghabiskan waktu di tempat perlindungan bom sebelum kedua pria itu bertemu.

"Kami mengadakan pertemuan dengannya. (Kami) berbicara tentang semua masalah yang penting bagi Ukraina," terang Presiden Zelensky dalam konferensi pers yang disiarkan televisi, melansir Reuters 17 November.

Presiden Zelensky juga mengatakan, keduanya juga membahas apa yang disebut ancaman nuklir Rusia.

Di Washington, seorang pejabat AS mengatakan Burns telah melakukan perjalanan ke Kyiv untuk bertemu rekan intelijen Ukraina dan Presiden Zelensky, setelah pertemuannya di Ankara.

Pada Hari Senin, Burns bertemu dengan kepala mata-mata Presiden Vladimir Putin, Sergei Naryshkin di Turki untuk kontak tingkat tinggi pertama yang diketahui antara AS-Rusia sejak invasi 24 Februari ke Ukraina.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengonfirmasi kepada kantor berita Rusia, pertemuan kepala intelijen AS-Rusia berlangsung di ibu kota Turki, Ankara, tetapi menolak memberikan rincian tentang peserta atau topik yang dibahas.

Terpisah, Presiden Polandia Andrzej Duda bertemu Burns di Warsawa pada Hari Rabu, kata kepala Biro Keamanan Nasional Polandia.