Pesaing Tesla, NIO Luncurkan Mobil Listrik Dengan Daya Jelajah 700 Km
NIO ET7 (Slashgear)

Bagikan:

Baru-baru ini, NIO merilis mobil listrik dengan jangkauan berkendara terjauh dalam pasar electric vehicle (EV). NIO meningkatkan kompetisi mobil listrik di China, pabrikan ini digadang-gadang akan menyaingi produsen mobil listrik Tesla.

Berdasarkan laporan SCMP, mobil listrik edisi standar NIO ET7 mampu menjangkau jarak tempuh 500 kilometer dengan penggunaan baterai 70 kWh. ET7 dibanderol seharga 448.000 Yuan (setara Rp 976 jutaan).

NIO menawarkan kisaran harga 7 persen lebih tinggi dari harga Tesla Model 3 yang dijual seharga 249.000 Yuan (setara Rp 542 jutaan) di pasar China. Namun, sorotan utama dari pabrikan mobil listrik NIO ini sebenarnya tertuju ke ET7 edisi premier.

ET7 NIO memiliki daya jangkau yang lebih jauh dari edisi standar, yaitu bisa mencapai 700 kilometer dari paket baterai 100kWh. Mobil listrik ini dijual seharga 536.000 Yuan (sekitar Rp 1,1 miliar) seperti yang dikutip dari Gizmochina.

Pabrikan mobil listrik pesaing Tesla ini juga merilis EV edisi premier lain yang mampu menjangkau jarak sejauh 1.000 kilometer hanya dengan sekali pengisian daya dari paket baterai 150kWh. Namun, sampai saat ini belum diketahui berapa harga mobil listrik edisi premier dengan daya jangkau terjauh itu.

“Kami akan terus berinvestasi dalam produk dan teknologi, dan mempercepat pengembangan jaringan layanan kami sehingga menghadirkan pengalaman kendaraan listrik pintar yang lebih baik untuk pengguna,” ujar William Li Bin selaku CEO NIO.

Persaingan kendaraan listrik (EV) di China mengalami peningkatan yang cukup tajam. Produsen mobil listrik di China hampir mencapai 200 pabrikan, termasuk pabrikan baru yang berlomba-lomba menawarkan produk mereka ke pangsa pasar.

Menurut laporan, pada 2025 satu dari setiap lima mobil di China akan beralih ke bahan bakar non-fosil. China merupakan salah satu pasar mobil listrik terbesar di dunia.

Rencananya, peluncuran ET7 ini diselenggarakan di gelanggang olahraga dan dihadiri sebanyak 10.000 orang. Peluncuran ini tetap berlangsung meskipun dunia sedang dilanda pandemi dan peraturan social distancing sedang digalakkan.  

Walaupun demikian, para penggemar mobil listrik harus menunjukkan surat keterangan negatif Covid-19 agar dapat melihat acara peluncuran mobil NIO ET7 ini.

Peserta juga menjalani pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki arena olahraga dan diharuskan mengenakan masker ketika acara tersebut berlangsung selama 2 jam di Chengdu.