Bagikan:

JAKARTA – Mobil listrik buatan Nio, ET7, yang akan diluncurkan telah dibuat khusus untuk menantang rivalnya, Tesla Model S. Bahkan perusahaan pembuat mobil listrik ini, Nio, mengklaim telah memiliki sebagian jawaban untuk menantang Tesla Model 3.

Electrek mengatakan Nio telah memperkenalkan ET5, model "mid-size" yang lebih terjangkau harganya. Sedan listrik ini dijual dengan harga sekitar 51.450 dolar AS (Rp 740 juta), atau jauh di bawah sekitar harga  70.000 dolar AS (Rp 1,007 miliar) yang ditawarkan untuk Nio ET7. Akan tetapi Nio ET5 menawarkan fasilitas yang hampir sama megahnya.

Nio mengklaim baterai dasar 75kWh yang dimiliki ET5, menawarkan jangkauan lebih dari 341 mil (549 km) menggunakan siklus uji di China. Sedangkan dengan paket baterai "Ultralong Range" 150kWh kelas atas seharusnya baik untuk mencapai lebih dari 620 mil (997 km).

Pembeli mungkin akan membayar lebih mahal secara signifikan untuk mendapatkan hak istimewa tersebut dan mungkin tidak melihat kisaran itu dalam kehidupan nyata, tetapi angka-angka tersebut masih dapat menggoda untuk menjauh dari Tesla Model 3 kelas atas jika pembeli melihat daya jelajah mobil yang jauh menjadi prioritas mereka.

Pembeli juga dapat mengharapkan tumpukan teknologi yang biasa. ET5 akan memiliki dukungan bawaan untuk fitur mengemudi otonom seperti yang disetujui, dan pengemudi mendapatkan "kokpit digital" berkat kacamata augmented reality yang dikembangkan Nreal yang dapat memproyeksikan layar virtual setara dengan 201 inci pada jarak pandang 20 kaki.

Seperti diberitakan oleh Engadget, Nio telah bekerja sama dengan Nolo untuk membuat kacamata VR juga, meskipun diklaim aman namun disarankan pengemudi memakainya saat mengemudi di jalan raya.

Pengiriman ET5 ini diharapkan akan dimulai September 2022. Itu masih jauh, tetapi Nio tampaknya berada di jalur yang tepat dengan rencana EV-nya karena diharapkan untuk mengirimkan ET7 tepat waktu mulai 28 Maret.

Peluncuran ini juga sesuai dengan langkah tentatif Nio di luar China. Merek ini hanya diperluas ke Norwegia pada tahun 2021, tetapi bertujuan untuk memulai penjualan di Denmark, Jerman, Belanda, dan Swedia pada tahun 2022.

Pengguna akan melihat lencana di 25 negara dan wilayah pada tahun 2025. Sementara Nio masih tidak akan dihitung sebagai kelas berat otomotif pada tahap itu. Namun mereka bisa dengan mudah memberi tekanan pada pembuat EV lainnya dalam beberapa tahun ke depan.