Pengorbit Antariksa Eropa Temukan Banyak Air di Sistem Ngarai Planet Mars
Banyak air di bawah permukaan Planet Mars di sistem ngarai Valles Marineris. (foto: dok. NASA)

Bagikan:

JAKARTA - Mars diduga memiliki banyak air pada miliaran tahun yang lalu di permukaannya, bahkan kemungkinan pernah terlihat seperti Bumi, memiliki sumber mata air yang tak terhitung jumlahnya.

Seperti diketahui Mars tampak kering dan gersang dengan hampir tidak ada air yang dapat diperoleh dari planet tersebut. Dan tentu saja, ini menjadi sebuah tantangan untuk mengirim misi awak ke sana suatu saat nanti.

Namun, sebuah penelitian baru-baru ini telah mengungkapkan banyak air di bawah permukaan Mars di sistem ngarai Valles Marineris. Air itu terdeteksi oleh Trace Gas Orbiter (TGO) milik Badan Antariksa Eropa (ESA) menggunakan instrumen Fine Resolution Epithermal Neutron Detector (FREND).

Sebelumnya, TGO telah menemukan air es di Planet Merah tersebut, terutama di sekitar kutub dan di bawah permukaannya, hanya ada sedikit air yang mudah diakses di wilayah garis lintang tengah. Oleh karena itu mengapa penemuan ini sangat penting.

“Dengan TGO kita dapat melihat ke bawah hingga satu meter di bawah lapisan berdebu ini dan melihat apa yang sebenarnya terjadi di bawah permukaan Mars dan, yang terpenting, menemukan oasis kaya air yang tidak dapat dideteksi dengan instrumen sebelumnya," ujar penulis utama studi baru, Igor Mitrofanov seperti dikutip dari Digital Trends, Senin, 20 Desember.

“FREND mengungkapkan area dengan jumlah hidrogen yang luar biasa besar di sistem ngarai Valles Marineris yang kolosal, dengan asumsi hidrogen yang kita lihat terikat ke dalam molekul air, sebanyak 40 persen material dekat permukaan di wilayah ini tampaknya adalah air," imbuhnya.

Dalam penelitian terbaru ini, sistem ngarai, yang terletak di dekat khatulistiwa, telah ditemukan berisi air yang sangat banyak, dan berpotensi menjadi es atau terikat pada mineral lain di dalam tanah. Pada kedua dugaan tersebut, itu bisa menjadi sumber daya potensial yang sangat besar untuk dimanfaatkan oleh penjelajah Mars di masa depan.

Dengan mengumpulkan lebih banyak pengetahuan tentang kondisi saat ini di Mars dapat membantu para peneliti untuk memahami lebih banyak tentang sejarah planet juga.

“Mengetahui lebih banyak tentang bagaimana dan di mana air ada di Mars saat ini sangat penting untuk memahami apa yang terjadi pada air Mars yang dulu berlimpah, dan membantu kami mencari lingkungan yang layak huni, kemungkinan tanda-tanda kehidupan masa lalu, dan bahan organik dari masa-masa awal Mars,” ujar ilmuwan proyek ExoMars Trace Gas Orbiter ESA, Colin Wilson.