Senasib dengan InSight NASA, Misi Pengorbit Mars India Juga Akan Berhenti Beroperasi
Misi Pengorbit Mars India (MOM) dilaporkan akan berhenti beroperasi dalam waktu dekat, (foto: Dok. ISRO)

Bagikan:

JAKARTA - Misi Pengorbit Mars India (MOM) dilaporkan akan berhenti beroperasi dalam waktu dekat, setelah hampir satu dekade menjelajah Planet Merah itu.

Diluncurkan pada 2013 , MOM melakukan pendekatan yang berbeda terhadap Mars. Dia dibangun juga diluncurkan dengan anggaran yang jauh lebih kecil dibanding misi Mars yang dilakukan NASA atau Badan Antariksa Eropa (ESA), yakni 73 juta dolar AS atau setara Rp1,1 triliun.

"Meskipun dirancang untuk masa hidup enam bulan sebagai demonstran teknologi, Misi Pengorbit Mars ini telah hidup selama sekitar delapan tahun di orbit Mars dengan keseluruhan hasil ilmiah yang signifikan di Mars serta di korona Matahari, sebelum kehilangan komunikasi dengan stasiun bumi, sebagai akibat dari gerhana panjang pada April 2022,” tulis Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO) dalam keterangannya.

ISRO menyatakan MOM akan segera kehabisan bahan bakar pendorong atau propelan, sehingga negara tersebut tak lagi dapat mengandalkan pesawat ruang angkasa ini untuk penelitian di Mars.

“Pesawat ruang angkasa tidak dapat dipulihkan, dan (sudah) mencapai akhir hidupnya. Misi ini akan selalu dianggap sebagai prestasi teknologi dan ilmiah yang luar biasa dalam sejarah eksplorasi planet,” ujar ISRO.

Meski terbilang murah untuk sekelas pengorbit Mars, beberapa pencapaian MOM cukup luar biasa, itu termasuk mengungkap informasi tentang komposisi atmosfer Mars, serta mempelajari lebih lanjut tentang penyebab potensial pelarian atmosfer di mana Mars kehilangan atmosfernya dari waktu ke waktu.

Misi tersebut juga mampu mengambil gambar seluruh wajah Mars karena orbitnya yang elips, terkadang membawanya jauh dari permukaan planet.

Salah satu tujuan besar misi tersebut untuk memahami lebih lanjut tentang metana di atmosfer Mars, sayangnya misi ini terlewatkan karena sensor metana di pesawat ruang angkasa tidak berfungsi.

India tidak menyerah begitu saja, MOM memang akan segera berhenti beroperasi, tetapi misi lanjutan Mars Orbiter Mission 2 sudah dipersiapkan, dan rencananya akan diluncurkan pada 2024.