Kebakaran Baterai Mobil Listrik Repotkan Petugas Pemadam Kebakaran Saat Badai Ian Melanda Florida
Petugas pemadam kebakaran punya tugas baru memadamkan bateri mobil listrik. (foto; twitter @JimmyPatronis ยท)

Bagikan:

JAKARTA - Petugas pemadam kebakaran di Florida menghadapi masalah baru setelah banjir yang merusak akibat Badai Ian, beberapa waktu lalu. Petugas pemadam dihadapkan pada kebakaran eksplosif yang disebabkan oleh baterai yang tergenang air di mobil listrik.

Ketika baterai EV kemasukan sejumlah besar air, mereka berisiko korosi yang dapat menyebabkan kebakaran yang tidak terduga. Menurut pejabat tinggi kebakaran di negara bagian, Florida, merupakan pasar EV terbesar kedua di Amerika setelah California, dengan 95.000 kendaraan terdaftar.

“Ada banyak sekali EV yang dinonaktifkan akibat Badai Ian. Saat baterai itu terkorosi, kebakaran mulai terjadi,”  kata marshal pemadam kebakaran Florida dan pejabat keuangan, Jimmy Patronis, lewat cuitannya di Twitter Kamis, 6 Oktober. “Itu adalah tantangan baru yang belum pernah dihadapi petugas pemadam kebakaran kami sebelumnya. Setidaknya dalam skala seperti ini.”

"Dibutuhkan pelatihan khusus dan pemahaman tentang EV untuk memastikan kebakaran ini dipadamkan dengan cepat dan aman," lanjutnya dalam tweet lanjutan, yang dikutip Daily Mail. “Terima kasih kepada [Penyelamatan Kebakaran Collier Utara] atas kerja keras mereka.'

Patronis juga membagikan video saat petugas pemadam kebakaran di Naples, Florida, menangani kebakaran yang dimulai dari baterai Tesla. Pengamat mengatakan bahwa kru telah menggunakan ratusan galon air untuk mematikannya.

Badai Ian membanjiri beberapa kota di sepanjang pantai barat Negara Bagian Florida ketika badai itu mendarat yang dikategorikan sebagai badai kategori 4 yang membawa angin dengan kecepatan 155 mph.

Sejauh ini, badai ganas tersebut telah menyebabkan 101 kematian dan kerusakan senilai miliaran dolar - menjadikannya salah satu badai paling mahal yang pernah tercatat di AS. Saat mendarat, listrik terpaksa dipadamkan untuk 2,6 juta orang di seluruh negara bagian.

Berita tentang kebakaran yang disebabkan baterai muncul ketika pemerintahan Joe Biden mendorong kendaraan listrik, lewat Undang-Undang Pengurangan Inflasi yang memiliki kredit pajak EV sebesar 7.500 dolar AS.

Beberapa negara bagian mengeluarkan undang-undang untuk secara bertahap menghapus mobil bertenaga gas, termasuk California dan New York, yang keduanya akan melarang mobil bensin pada tahun 2035.

Upaya ini dimaksudkan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mengurangi dampak perubahan iklim dalam beberapa dekade mendatang. Namun, kedua negara bagian tersebut kekurangan infrastruktur untuk menggerakkan puluhan ribu kendaraan baru tanpa emisi.

Di New York City, hanya ada 677 stasiun pengisian daya kendaraan listrik, dan meskipun kota ini akan menambah 10.000 pengisi daya di tepi jalan pada tahun 2030. Penambahan itu mungkin tidak cukup untuk memberi daya pada semua EV yang diharapkan akan ada di jalanan pada saat itu.

Masalah tambahan dengan EV adalah faktor biaya, karena kebanyakan harganya sekarang rata-rata sekitar 20.000 dolar AS lebih dari mobil bertenaga gas.

Menurut Kelley Blue Book, biaya EV 'jauh di atas rata-rata industri dan lebih selaras dengan harga mewah versus harga umum.

Ada 17 negara bagian di AS lainnya yang telah bergabung dengan gerakan California yang menyumbang sekitar 40 persen dari seluruh penjualan kendaraan baru AS.

Pembuat mobil EV terbesar di Amerika Serikat adalah Tesla milik Elon Musk, yang menyumbang hanya di bawah 70% dari semua penjualan tersebut pada tahun 2021.

Ketidakpastian besar lainnya tentang kebijakan di seluruh negara bagian yang melarang mobil berbahan bakar gas adalah seberapa cepat mineral berharga, khususnya lithium, akan tersedia untuk memproduksi baterai dalam jumlah besar yang dibutuhkan untuk memenuhi target 2035 EV.

Laurie Holmes, manajer senior urusan pemerintah untuk KIA, mengatakan kepada pejabat California Kamis lalu bahwa industri dapat mengalami kesulitan memenuhi target penjualan tersebut.

Dia mendesak negara bagian untuk mendukung insentif bagi konsumen untuk membeli EV dan membantu membangun sistem pengisian yang lebih mudah dan merata.