China Rilis Peta Global Berwarna dari Planet Mars yang Berkualitas Tinggi
Peta Planet Mars yang diterbitkan badan antariksa China. (foto: dok. cnsa)

Bagikan:

JAKARTA - China akhinya merilis peta global pertamanya yang berwarna dari Planet Mars pada 24 April, bertepatan dengan Hari Antariksa China 2023. Resolusi spasialnya sebesar 76 meter memberikan kualitas yang lebih baik untuk melakukan proyek penjelajahan Mars dan penelitian ilmiah di masa depan.

Gambar peta berwarna tersebut dirilis bersama oleh Administrasi Antariksa Nasional China (CNSA) dan Akademi Sains China  (CAS) dalam acara peluncuran yang diadakan di Hefei, Provinsi Anhui, China.

Gambar berwarna tersebut, bersama dengan data ilmiah yang diperoleh oleh misi Mars Tianwen-1, akan membantu dalam memperdalam pemahaman kita tentang planet merah, menurut CNSA, dikutip oleh media lokal CGTN.

Kamera resolusi sedang pesawat pengorbit misi Tianwen-1 melakukan 284 tugas pemetaan jarak jauh dari November 2021 hingga Juli 2022, memberikan cakupan seluruh permukaan Mars. Sistem aplikasi tanah memproses 14.757 gambar untuk memperoleh gambar peta berwarna planet.

"Proses ini menempatkan tuntutan tinggi terhadap pengendalian orbit," kata Zhang Rongqiao, perancang utama Program Penjelajahan Mars China, kepada CGTN dalam wawancara di sela-sela acara Hari Antariksa China.

Dia yakin bahwa warna yang ditampilkan di peta tepat dan sesuai dengan planet merah.

"Gambar berwarna penuh Mars ini tidak hanya memberikan peta dasar berkualitas lebih baik untuk proyek penjelajahan Mars dan penelitian ilmiah yang akan datang di negara kita, tetapi juga untuk proyek penjelajahan Mars dan penelitian ilmiah kolega internasional kita," kata Zhang.

"Saya percaya ini adalah kontribusi penting yang dibuat Tianwen-1 untuk eksplorasi ruang angkasa dalam, bagi seluruh umat manusia," tambahnya.

Melalui gambar-gambar Mars dengan resolusi tinggi ini, para peneliti telah mengidentifikasi sejumlah besar entitas geografis, 22 di antaranya dinamai menurut desa-desa dan kota-kota bersejarah dan budaya di China dengan populasi kurang dari 100.000 oleh Uni Astronomi Internasional berdasarkan aturan yang relevan.

Prob Mars Tianwen-1 China sendiri diluncurkan pada Juli 2020 dan memasuki orbit Mars pada Februari 2021. Rover mendarat dan mulai beroperasi pada Mei 2021.

Setelah menyelesaikan 90 hari Martian tugas eksplorasi ilmiah yang ditugaskan, rover telah melanjutkan eksplorasi di planet merah. Rover, yang telah melakukan perjalanan 1.921 meter dalam 358 hari Mars, kini dalam mode tidur.