Mau Jalan-jalan ke Kawah Jazero Mars dengan Cepat? Coba Cara Ini!
Tangkapan Layar Peta Interaktif Kawah Jazero Mars (foto: Citra/voi)

Bagikan:

JAKARTA - Jika Anda tidak sabar dengan rencana miliarder Elon Musk yang akan membawa manusia ke Planet Mars, Anda bisa lebih dahulu mengenal dan menjelajahi planet tersebut dengan peta interaktif.

Dibuat oleh peneliti asal Freie Universität Berlin, Sebastian Walter dan rekannya, peta interaktif yang menunjukkan Kawah Jezero Mars berdasarkan data robot penjelajah NASA, Perseverance ini memungkinkan pengguna berkeliling di sekitar permukaan planet dan mengikuti jalur robot penjelajah.

Diperkenalkan di gelaran Europlanet Science Congress 2022, peta tersebut akan menunjukkan data seperti topografi, garis kontur, dan jalur robot penjelajah serta posisi saat ini di dalam kawah.

Ada juga pemandangan panorama yang ditandai sehingga pengguna dapat memperbesar dan menikmati pemandangan 360 derajat dari Planet Mars.

“Peta ini adalah alat yang sempurna untuk merencanakan kunjungan ke Mars di masa depan, dengan antarmuka interaktif di mana Anda dapat memilih dari berbagai kumpulan data dasar yang tersedia,” ujar Walter dalam keterangan yang dikutip dari Digital Trends, Senin, 26 September.

“Beberapa lereng cukup curam, jadi berhati-hatilah jika Anda ingin menghindari konsumsi oksigen terlalu banyak! Untuk merasakan apa yang diharapkan dari perjalanan Mars Anda di masa depan, Anda dapat mengklik salah satu simbol penanda titik jalan untuk masuk ke tampilan 3D layar penuh atau, jika Anda memiliki pengaturan Virtual Reality (VR), untuk memasuki lingkungan yang sepenuhnya imersif. Anda bahkan dapat mendengarkan suara rover jika Anda berdiri di dekatnya," imbuhnya.

Walter menambahkan, data dari peta tersebut merupakan kombinasi yang direkam Perseverance. Di mana kamera Mastcam-Z bekerja untuk menangkap gambar dan instrumen SuperCam menangkap suara dari Planet Merah itu.

Kedua data tersebut, dikatakan Walter membentuk lapisan dasar peta. Ia mendapatkannya dari European Space Agency (ESA) Mars Express dan NASA Mars Reconnaissance Orbiter, yang keduanya digunakan untuk menangkap gambar permukaan beresolusi tinggi.

Awalnya, Walter mengatakan peta ini dirancang hanya untuk ilmuwan profesional, tetapi ketika ia dan rekannya menambahkan banyak data, mereka menyadari peta ini akan menyenangkan jika diakses oleh publik.

“Awalnya kami membuat peta Jazero sebagai aplikasi penjangkauan untuk melengkapi alat HRSC Mapserver, yang mendukung ilmuwan profesional untuk menjelajahi permukaan Mars,” tutur Walter.

“Tetapi karena rover mengembalikan semakin banyak data gambar beresolusi tinggi dan bahkan rekaman audio, itu ternyata menjadi alat yang sempurna untuk visualisasi mendalam dari data itu dalam konteks ilmiah dengan sendirinya," tambahnya.