Twitter Terapkan Berbagai Tanda Centang pada Akun yang Diverifikasi, Apa Saja?
Twitter telah menerapkan beberapa tanda centang pada akun yang diverifikasi untuk memberikan transparansi dan kepercayaan kepada pengguna. (foto: dok pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Twitter telah menerapkan beberapa tanda centang pada akun yang diverifikasi untuk memberikan transparansi dan kepercayaan kepada pengguna. Misalnya tanda centang biru menunjukkan bahwa akun memiliki langganan Twitter Blue dan memenuhi persyaratan kelayakan.

Sedangkan tanda centang emas menunjukkan bahwa akun tersebut merupakan akun bisnis resmi yang terverifikasi oleh Twitter Verified Organizations.

Selain itu, ada juga tanda centang abu-abu yang menunjukkan bahwa akun tersebut mewakili organisasi pemerintah atau multilateral atau pejabat pemerintah atau multilateral. Akun pemerintah yang memenuhi syarat dapat mendaftar untuk mendapatkan tanda centang abu-abu, termasuk kantor eksekutif utama, akun agensi yang mengawasi area kebijakan tertentu, akun kedutaan besar dan konsulat utama, serta akun institusional parlemen atau setara lainnya.

Sementara itu, pejabat pemerintah yang memenuhi syarat termasuk kepala negara, wakil kepala negara, menteri kabinet tingkat nasional atau setara, juru bicara resmi utama untuk cabang eksekutif atau setara, serta anggota individual semua kamar Kongres, parlemen atau setara lainnya.

Twitter juga menerapkan label afiliasi yang menunjukkan keterkaitan akun dengan organisasi di Twitter. Sementara label otomatis memberikan transparansi dengan membantu mengidentifikasi apakah sebuah akun adalah bot atau tidak. Akun otomatis diidentifikasi dengan label "otomatis".

Terakhir, label kategori profesional yang dipilih oleh pengguna pada saat mengonversi ke akun profesional juga tersedia untuk memberikan informasi lebih lanjut mengenai akun tersebut. Misalnya, label "coffee shop" menunjukkan bahwa akun tersebut adalah akun bisnis kedai kopi.

Dengan adanya tanda centang dan label yang jelas, Twitter berharap dapat memberikan informasi yang lebih terpercaya bagi pengguna untuk menghindari penipuan dan informasi yang salah di platform tersebut.