Bagikan:

JAKARTA - Twitter Blue, yang saat ini direbranding menjadi X Blue oleh pemiliknya, Elon Musk, kini menyertakan opsi untuk menyembunyikan centang biru yang terkenal. Para pelanggan Twitter Blue baru-baru ini mulai memperhatikan opsi "sembunyikan centang biru Anda" di situs web dan aplikasi seluler, yang memungkinkan mereka menyembunyikan bahwa mereka membayar untuk berlangganan Twitter dan menghindari meme tentang bagaimana "orang ini membayar untuk twitter."

"Centang biru akan disembunyikan di profil dan postingan Anda," catat sebuah artikel dukungan Twitter. "Centang biru mungkin masih muncul di beberapa tempat dan beberapa fitur mungkin tetap mengungkapkan bahwa Anda memiliki langganan aktif. Beberapa fitur mungkin tidak tersedia saat centang biru Anda disembunyikan."

Sebelumnya, Twitter menggunakan sistem verifikasi centang biru untuk mengenali atau memvalidasi akun, tetapi ketika Elon Musk mulai memungkinkan siapa saja untuk "diverifikasi" melalui berlangganan Blue, hal itu sejenak menjadi kacau dengan akun palsu.

Kemudian semua orang segera menyadari siapa yang membayar untuk diverifikasi di Twitter sebelum akhirnya Twitter menghapus centang biru dari akun terverifikasi warisan dan mengubah tampilan centang verifikasi beberapa kali. Centang biru juga diberikan kepada pengguna dengan satu juta atau lebih pengikut.

Jika Anda berlangganan Twitter Blue, layanan tersebut sekarang akan menambahkan centang biru opsional ke profil Anda dengan tanggal "terverifikasi sejak" terlampir. Akun terverifikasi warisan termasuk tanggal akun tersebut awalnya diverifikasi di Twitter sebelum sistem berlangganan Blue.

Pemilik Twitter, Elon Musk, saat ini sedang merebranding layanan tersebut menjadi X dalam upaya untuk menciptakan "aplikasi segala sesuatu" yang kemungkinan akan mencakup beberapa bentuk sistem pembayaran di masa depan.

Burung biru kecil menghilang pekan lalu, digantikan dengan logo X "interim" yang sebentar muncul di atas gedung kantor Twitter di San Francisco dalam bentuk tanda X berkilauan dan berkedip yang mewah. Masih banyak tempat di mana X mengacu pada Twitter, dan bahkan halaman berlangganan X Blue menyebutkan Twitter Blue sebanyak banyaknya.