Bagikan:

JAKARTA - Mirip seperti di ponsel Android, browser Chrome di desktop juga akan segera menghadirkan opsi "Allow this time/Izinkan kali ini", ketika diminta oleh situs web untuk memberikan izin ke lokasi, kamera, atau mikrofon Anda.

Sebelumnya, Anda hanya dapat memilih antara dua opsi saja, yakni opsi Block atau Allow. Nah, menurut temuan 9to5google, sekarang ketika Anda memilih tiga opsi baru seperti yang Anda lihat di ponsel Anda, yaitu:

  • Allow this time (Izinkan saat ini)
  • Allow an every visit (Izinkan setiap kali Anda berkunjung ke situs tersebut)
  • Don't allow (Jangan izinkan/blok).

Tapi, ketika Anda mengklik tombol silang (x) yang berada di sebelah kanan atas opsi, itu artinya Anda akan memblok izin di situs tersebut untuk sementara waktu.

Penambahan opsi di Chrome ini mengikuti Safari 16 dan Firefox 115 di desktop, yang sudah lebih dulu mengimplementasikan Allow kali ini. Google saat ini meluncurkan fitur ini di desktop (Mac, Windows, Linux, dan ChromeOS).

Opsi ini juga Google diluncurkan karena pengguna sering kali tidak siap untuk membuat keputusan terus-menerus untuk memberikan akses izin ke situs web tersebut. Jadi, penambahan ini bisa sangat berguna untuk memberikan keamanan lebih untuk pengguna.

Belum jelas apakah fitur ini sudah dirilis resmi secara global atau belum, tapi menurut pantauan VOI, opsi baru ini belum bisa ditemukan di Google Chrome desktop saat ini. Jadi, Anda masih harus menunggunya selama beberapa waktu mendatang