Pengguna Chrome Sebentar Lagi Bisa Menonaktifkan atau Mengaktifkan Ekstensi per Situs
Google mengerjakan fitur baru yang mengizinkan pengguna menonaktifkan atau mengaktifkan ekstensi Chrome. (foto: dok. google)

Bagikan:

JAKARTA - Google sedang mengerjakan fitur baru yang mengizinkan pengguna menonaktifkan atau mengaktifkan ekstensi Chrome berdasarkan situs demi situs.

Web Chrome Store memang memiliki banyak ekstensi, tetapi ada kendala, dimana beberapa ekstensi dapat menyebabkan masalah situs web, dan beberapa situs tidak mengizinkan ekstensi seperti pemblokir iklan.

Saat ini, Chrome hanya mengizinkan pengguna menonaktifkan ekstensi untuk semua situs web melalui pengaturan browser, tetapi tidak dapat mengontrol ekstensi berdasarkan situs tertentu.

Sekarang, fitur baru tersebut akan memperluas opsi itu sehingga berlaku untuk semua add-on. Dengan beberapa klik, dapat dengan cepat menonaktifkan semua ekstensi pada situs tertentu untuk tujuan kompatibilitas, privasi, atau kinerja.

Fitur baru tersebut pertama kali ditemukan oleh Redditor Leopeva64-2 yang menjelaskan fitur tersebut di akun Reddit-nya.

"Google sedang mengerjakan desain ulang menu ekstensi (dengan subhalaman) dan tampaknya salah satu opsi baru adalah sakelar yang memungkinkan Anda memblokir semua ekstensi dengan cepat di situs saat ini," ungkap Leopeva64-2 dikutip dari Bleeping Computer, Senin, 16 Januari.

Fitur ini hanya ditampilkan melalui menu ekstensi, dan tidak mungkin untuk mengelola izin ekstensi berdasarkan situs melalui halaman pengaturan.

Leopeva64-2 juga menunjukkan, fitur baru Chrome itu meniru opsi jeda ekstensi situs milik Microsoft Edge, "Di Edge, setelah menjeda ekstensi, situs secara otomatis memuat ulang, saya tidak yakin apakah itu akan berfungsi sama di Chrome," ujar Leopeva64-2.

"Saat ini di Chrome Canary toggle tidak berfungsi dan menu tidak menampilkan ekstensi yang dipasang," imbuhnya.

Sayangnya, tidak jelas seberapa jauh Google mengembangkan dan menguji fitur itu saat ini, jadi tidak dapat dikatakan kapan sebagian besar pengguna Chrome akan mendapatkan kesempatan untuk mencobanya.