Tutorial Cara Menemukan Kamera Tersembunyi dengan Ponsel Anda
Kamera infrared bisa dideteksi dengan ponsel. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA – Hati-hati jika Anda menginap di hotel atau rumah sewaan. Pasalnya popularitas penyewaan rumah seperti Airbnb dan persewaan informal lainnya muncul bertepatan dengan peningkatan produksi kamera tersembunyi yang lebih murah. Kondisi ini memungkinkan selama Anda menginap dapat dilihat atau direkam oleh orang yang menyewakan tempat itu kepada Anda.

Ingin memastikan privasi Anda dihormati? Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, untuk mencari tahu apakah ada kamera tersembunyi di tempat Anda menginap.

Gunakan ponsel Anda untuk menemukan kamera yang dilengkapi IR

Jika kamera ingin menangkap gerakan atau mengambil foto di ruangan dengan cahaya redup atau gelap, biasanya menggunakan cahaya inframerah (IR), yang tidak dapat dideteksi oleh mata manusia. Namun, meskipun Anda tidak dapat melihat cahaya IR yang dipancarkan oleh kamera, sensor pada kamera smartphone Anda seharusnya dapat melakukannya.

Di beberapa ponsel, hanya kamera depan yang dapat menangkap cahaya IR. Namun pada kamera lain seperti Google Pixel 6, maka akan berfungsi di kamera depan dan belakang.

Jika Anda ingin mencobanya, pertama-tama Anda harus memeriksa apakah dan bagaimana ponsel Anda menemukan sinyal IR dengan menggunakan TV atau remote lain.

  • Nyalakan kamera ponsel Anda dan arahkan ke remote.
  • Nyalakan remote dan cari lampu kecil, stabil atau berkedip. Ini mungkin akan terlihat seperti merah muda keunguan, ada pula yang muncul sebagai warna biru keunguan.

Jika Anda sudah mencobanya dengan kamera belakang dan tidak melihat cahaya kecil, coba dengan kamera depan.

Sekarang yang harus Anda lakukan untuk memeriksa kamera yang dilengkapi IR adalah membuat ruangan segelap mungkin agar jika ada kamera, IR akan terpicu. Lalu pindai ruangan secara perlahan dengan ponsel Anda. Jika ada kamera aktif dengan pencahayaan IR, Anda seharusnya dapat menemukannya.

Periksa jaringan Anda

Jika Anda bertanya-tanya apakah ada kamera aktif di kamar Anda dan trik IR tidak berfungsi, baik karena tidak ada kamera atau kamera tidak dilengkapi dengan IR, maka cara lain untuk menemukan perangkat aktif adalah untuk memeriksa apa lagi yang terhubung ke jaringan lokal.

Ada sejumlah aplikasi penganalisa jaringan di luar sana yang dapat menemukan perangkat apa yang terhubung ke jaringan lokal Anda. Bisa mencoba aplikasi yang bernama Fing yang tersedia untuk Android dan iOS, tetapi ada beberapa yang berguna.

Aplikasi ini dapat menemukan dan mencantumkan semua perangkat yang ada di jaringan Anda. Aplikasi ini juga dapat membiarkan Anda mengonfirmasi perangkat mana yang Anda kenali sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan perangkat yang tidak seharusnya ada di sana.

Tak satu pun dari trik ini yang sangat mudah, karena itu hanya metode yang mungkin untuk Anda coba. Jika Anda benar-benar khawatir, Anda dapat keluar dan membeli detektor frekuensi radio (RF), yang akan menangkap sinyal apa pun yang berasal dari mikrofon tersembunyi atau kamera. Demikian tutorial ini dikutip dari The Verge.