Waspada Pengintai, Begini Cara Temukan Kamera Tersembunyi Menggunakan Ponsel
Cara memindai kamera tersembunyi menggunakan ponsel Anda. (Foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Apakah Anda sering merasa diawasi setiap hari ketika sedang melakukan aktivitas baik di rumah, di kantor, di hotel, atau di tempat umum lainnya? Bisa jadi itu adalah kamera tersembunyi.

CCTV mungkin akan membuat Anda merasa tidak nyaman, tetapi Anda setidaknya alat ini dapat menjadi bagian dari menjaga keamanan masyarakat. Namun, kamera tersembunyi di kantor, kamar hotel, dan bahkan rumah Anda adalah hal yang berbeda.  Berikut cara menemukan kamera tersembunyi menggunakan ponsel. 

Ponsel Cerdas Dapat Mendeteksi Kamera Tersembunyi

Anda dapat menggunakan ponsel cerdas Anda untuk mendeteksi kamera tersembunyi. Secara umum, dua metode umum digunakan untuk mencapai hal ini.

  1. Mendeteksi medan elektromagnetik. Jenis aplikasi ini mendeteksi medan magnet. Namun, Anda harus memiliki gagasan tentang di mana kamera mungkin diposisikan. Jika medan kuat terdeteksi, kemungkinan ada kamera yang dikeluarkan di dalam dinding atau objek.
  2. Mendeteksi pantulan cahaya dari lensa. Meskipun metode ini tidak begitu dapat diandalkan, masih ada baiknya memiliki aplikasi semacam itu, jika hanya untuk menemukan benda-benda kecil yang dijatuhkan di atas karpet.

Temukan kamera tersembunyi dengan ponsel Android, beberapa aplikasi telah tersedia di playstore untuk menemukan kamera pengintai tersembunyi di Android, seperti Hidden Camera Detector dan Glint Finder. Anda dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis.

Sedangkan untuk iOS, Anda dapat menemukan aplikasi mendeteksi kamera tersembunyi melalui:

  • Hidden Camera Detector (Gratis, pembelian dalam aplikasi)
  • DontSpy 2 - detector (1.99 dolar AS atau Rp28 ribu)
  • Hidden Spy Camera Detector (2.99 dolar AS atau Rp41 ribu)

Aplikasi pendeteksi kamera mata-mata iPhone ini semuanya dapat diperoleh dengan harga yang cukup terjangkau dan mudah digunakan. Namun, jika Anda tidak yakin, mulailah dengan Hidden Camera Detector gratis.

Menemukan Kamera Pengawas Tersembunyi Dengan Smartphone

Aplikasi apa pun yang Anda pilih, Anda akan dapat mendeteksi kamera dan speaker, bahkan mungkin komputer tersembunyi.

Aplikasi semacam itu umumnya bekerja dengan cara yang sama: kedekatan dengan kamera atau perangkat pengawasan lainnya ditampilkan. Harus ada cukup informasi yang diberikan.

Detektor Kamera Tersembunyi juga dilengkapi mode Infrared (IR) yang membantu Anda menemukan kamera yang sejauh ini luput dari perhatian Anda. Ini dilakukan dengan mengarahkan kamera ponsel cerdas ke area di mana kamera mungkin disembunyikan.

Jika cakram putih terang terlihat di layar ponsel Anda, berarti ada kamera tersembunyi di dekat Anda. Ini tidak akan bekerja dengan jenis kamera tradisional dan dibatasi oleh cara kerja kamera.

Deteksi Efektif Kamera Tersembunyi

Perhatikan bahwa saat menggunakan aplikasi ini, pertama-tama Anda harus yakin bahwa Anda mengetahui teknologi apa yang ada di dalam ruangan. TV, komputer, asisten pintar (seperti Amazon Echo) atau perangkat keras lainnya dapat mengganggu.

Sedikit saran, Anda dapat mengeluarkan ponsel Anda dari casing. Beberapa bahan casing dapat memblokir sinyal dari perangkat lain, serta mengganggu medan radiasi ponsel itu sendiri. Melepaskan ponsel dari casing sebentar akan memberi Anda hasil deteksi kamera yang lebih cepat dan akurat.

Jika Anda sudah menemukan kamera tersembunyi tadi, langkah selanjutnya diserahkan kepada diri Anda. Anda dapat melaporkannya secara langsung ke pihak berwajib atau ingin menanganinya dengan cara sendiri.